Succes Story

DARI HOBI SEJAK KECIL HINGGA MENJADI PELUANG, INI CERITA KUE MANIA

“Make Your Own Cake”, itulah misi yang dijalankan oleh Selvyani Irwanto, atau biasa dipanggil Vivi, sebagai owner dari Kue Mania (@kuemania). Toko kue online yang berlokasi di Jelambar, Jakarta Barat ini menawarkan customization kue, mulai dari kue ulang tahun hingga cupcakes. Tidak hanya produk pastry, Kue Mania juga menawarkan kue lebaran, pudding, dan dessert lainnya.

Keinginan Vivi mendirikan Kue Mania berawal dari ketertarikan untuk mendekor dan mencicipi kue sejak berusia 7 tahun. Selain itu, Vivi juga suka menyaksikan acara TV yang menayangkan demo masak kue, sampai Ibu dari Vivi memberikan CD yang berisi video mengenai dekorasi kue. Tidak hanya di rumah, toko kue, atau mall yang ada di sekitar lingkungannya, Vivi juga senang untuk membeli kue pada saat mengunjungi luar negeri. Keindahan, kecantikan, dan kerapihan yang ada dalam dekorasi kue membuat Vivi semakin mendalami dunia Baking dan Decorating.

Tentu saja, tidak pernah ada awal yang mulus dalam memulai sesuatu, walaupun itu hal yang kita suka. Vivi sempat mengalami masa dimana kue yang dibuat setiap hari selalu gosong dan bantet, walaupun sudah mengikuti petunjuk. Hal itu terjadi juga karena keterbatasan peralatan (oven, gas, pemantik, dan lainnya) yang masih bersifat manual, sehingga semua harus dikontrol sendiri.

Kegagalan di awal tersebut merupakan hal yang paling dirasakan Vivi. Vivi mengaku kalau memanggang kue bukanlah keahliannya, melainkan mengubah kue yang polos menjadi cantik. Tetapi Vivi pun berpikir kembali, mendekor kue tidak akan bisa berjalan jika tidak ada kue polos sempurna. Hal ini pun menjadi PR (tantangan) untuk Vivi, mulai dari mengubah resep agar mendapat kue polos yang sempurna hingga mendapatkan bahan-bahan yang sulit didapat di Indonesia.

Melalui Kue Mania, Vivi memiliki motivasi ingin bisa lebih berguna untuk banyak orang, dengan membuka lowongan kerja hingga orang-orang bisa mencicipi kue yang dibuatnya. Vivi ingin semua orang dari berbagai kalangan bisa mencicipi makanan yang sama, tidak ada lagi keterbatasan bahwa orang yang bisa membeli kue custom hanya bisa si “ini” dan “itu”, dan semua orang bisa mewujudkan kue impiannya di Kue Mania.

Inspirasi Vivi dalam membuat produk-produk Kue Mania berasal dari sosial media. Menurut Vivi, internet dan sosial media membawa pengaruh yang besar dalam menjalankan misi Kue Mania, yaitu “Make your Own Cake”, karena internet menawarkan banyak sekali inspirasi baik untuk Vivi maupun customer Kue Mania.

Menurut Vivi, belajar untuk lebih baik dari kemarin adalah kunci kesuksesan Kue Mania. Jangan pernah puas dan berbangga hati atas kesuksesan yang didapatkan sekarang. Kalau kita merasa sudah puas, kita tidak akan sadar kalau kita akan ketinggalan oleh mereka yang masih terus berusaha dan belajar.

Mengenai produk andalan dari Kue Mania, Money Cake adalah jawabannya. Terinspirasi pada saat Vivi melaksanakan internship di Negeri Panda, Money Cake menjadi produk andalan hingga sekarang.

Dalam memproduksi kue-kuenya, Vivi menggunakan Palmvita White Fat sebagai bahan dasar buttercream untuk menghias kue karena Palmvita White Fat merupakan bahan yang stabil untuk menjadi bahan dasar buttercream untuk suhu Indonesia yang cenderung tinggi. Palmvita White Fat membantu hasil dekorasi kue lebih tahan di suhu ruangan tanpa harus disimpan di dalam kulkas.

Pesan dari Vivi untuk yang ingin sukses berbisnis kue: Jangan pernah lelah untuk mencoba, jangan pernah terpuruk oleh kegagalan, jangan terlalu berpuas hati karena keberhasilan saat ini. Dunia baking menurut Vivi adalah dunia yang penuh akan passion di dalamnya. Saat kamu merasa suka dan memiliki passion dalam bidang ini, gali passion-mu sekarang. Maksimalkan passion tersebut. Dan percayalah, banyak cara untuk membuat bisnis di dunia baking ini berjalan. SEMANGAT!