Success Story

MELIA CAKES, SI SPESIALIS ANEKA KUE TOKOH KARTUN

Memulai usaha kue bisa dari mana saja. Bermula dari kecintaannya terhadap kue dan hobi membuat kue, hampir setiap hari ada saja kue yang Wenty Melia buat. Untuk mengetahui apakah kue buatannya enak atau tidak, ia membagikan ke para tetangga dan meminta pendapat mereka mengenai rasa kuenya. Hal mengejutkan pun terjadi. Banyak tetangga yang menyukai kuenya dan tidak jarang meminta Wenty Melia untuk membuatkan kue sebagai camilan atau kue ulang tahun. Dari sinilah cikal bakal Melia Cakes lahir.

Pada saat Wenty Melia berbelanja bahan kue ke salah satu toko terbesar di Cianjur, ia melihat banyak pembeli yang menginginkan kue dengan harga yang terjangkau. Bermula di tahun 2012 itulah terbesit pemikiran untuk menitipkan kue ekonomis buatannya. 

Wenty Melia pun meminta izin kepada pemilik toko dan seketika langsung diizinkan. Ia pun langsung membuat kue dengan kue pertama yang dijual adalah kue dengan karakter Hello Kitty sesuai dengan jenis kue yang sedang booming pada saat itu. Pertama kali memulai usahanya, Wenty Melia mengeluarkan modal sebesar Rp800.000,- dengan jumlah 8 buah kue. 

Jatuh bangun pada bisnis biasa terjadi, begitu pun dengan usaha Melia Cakes yang dijalani oleh Wenty Melia. Karena pada saat itu kue dengan bentuk karakter sedang marak, banyak orang yang mencoba membuat produk serupa dan menitipkannya ke toko tempat ia menitipkan dengan harga yang lebih murah. Hal tersebut berdampak pada penjualan kuenya yang menurun.

Beruntung Wenty Melia mempunyai keluarga yang selalu memberikan dukungan untuk selalu semangat dan terus mencoba berkarya dengan membuat aneka kue yang sedang ramai tanpa pernah mengurangi kualitas kue yang dibuat. Kuenya pun tetap banyak digemari karena ia tidak pernah mengurangi sedikitpun takaran bahan pembuatan kue meskipun harganya ekonomis.

Wenty Melia tetap menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, sehingga hasil kuenya tidak hanya asal murah saja. Kue buatannya diolah menggunakan produk-produk berkualitas tinggi, salah satunya margarin keluaran Sinar Mas Agribusiness and Food. Dengan harga yang terjangkau, Wenty Melia tetap bisa menghasilkan kue premium dan berkualitas.

Berbicara mengenai teknik khusus dalam pembuatan kue, Wenty Melia mengaku tidak punya teknik khusus dalam proses pembuatan kuenya. Ia hanya membuat kue sesuai dengan standar dan proses yang biasa dilakukan. Satu poin terpenting menurut Wenty Melia adalah selalu menerapkan disiplin kerja serta membagi tugas yang tepat sesuai dengan kemampuan karyawannya.

Sampai saat ini, produk Melia Cakes yang menjadi favorit pelanggan adalah kue dengan karakter tokoh kartun. Untuk menunjang penjualannya, Wenty Melia selalu mengikuti tren model dari tokoh kartun dari waktu ke waktu. 

Untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau target yang lebih luas, Wenty Melia menyatakan bahwa media sosial memiliki peran penting sebagai media pemasaran kue-kuenya. Ia bahkan mengalami banyak perubahan setelah memanfaatkan media sosial untuk memasarkan kuenya. 

Wenty Melia pun terbuka terhadap tanggapan atau saran dari para pelanggannya. Biasanya pelanggan menyampaikan pendapatnya melalui pesan atau berbicara langsung. Berbagai tanggapan pun ia terima sebagai masukan, tidak sedikit juga yang ketagihan dan merasa puas karena kuenya enak. 

Wenty Melia pun memberikan pesannya bagi Pakarians yang ingin memulai bisnis sepertinya. Kuncinya adalah jangan pernah patah semangat dan selalu mengutamakan kualitas. Dengan begitu, kesuksesan usaha bisa diraih.

 
Ingin dapat info mengenai resep dan update terkini seputar dunia cake dan bakery? Daftar sekarang juga di sini.