News

WAWANCARA EKSKLUSIF CHEF MICKEY GUNAWAN: "PASSION YANG MENGANTARKAN SAYA MENJADI SEORANG CHEF"

Latar pendidikan tidak selamanya menjadikan karir seseorang sama seperti apa yang telah mereka pelajari di bangku sekolah. Terkadang, passion bisa menjadi dasar profesi seseorang. Seperti Chef Mickey Gunawan, seorang lulusan dari Teknik Elektronika yang saat ini beralih profesi sebagai seorang chef.

Memasak memang kecintaannya sedari kecil. Anak bungsu dari 2 bersaudara ini memang selalu aktif memasak bahkan di kala kesibukannya sebagai mahasiswa jurusan Teknik Elektro. Hingga pada akhirnya, ia memutuskan untuk melanjutkan sekolah di bidang pastry dan kuliner. Guna dapat berlatih secara maksimal, aa sempat menjadi asisten di kampusnya. Selain itu, Ia juga pernah menjadi pengajar masak part time di beberapa SMP dan SMA di surabaya pada tahun 2010-2012.

Beberapa pengalamannya di bidang kuliner antara lain, pernah melakukan kerja magang di Hotel Bumi Surabaya pada tahun 2012, membuka gerai donat kentang dan es pisang hijau di Surabaya (2012-2013), menjadi pengajar pastry di Akpar Majapahit Surabaya (2012-2014), dan bergabung menjadi Team Technical di Sinar Mas Agribusiness and Food sejak 2014 sampai saat ini.

Simak wawancara eksklusif Pakaroti dengan Chef Mickey Gunawan mengenai pengalamannya menjadi chef bakery hingga opininya terhadap dunia bakery di Indonesia saat ini.

Apa definisi seorang "Chef Bakery" menurut Anda?
Biasanya istilah yang lebih familiar dipakai untuk profesi ini adalah pastry chef. Seorang chef di bidang pastry dan bakery adalah profesi yang tidak hanya membutuhkan keahlian memasak atau membuat produk, tetapi juga bagaimana mengontrol efisiensi biaya dan produksi di dapur, tidak berhenti berkreasi demi kepuasan konsumen, dan yang terpenting adalah dapat menjadi panutan bagi orang di sekitarnya khususnya para pekerja di dapur. 

Apa yang memotivasi Anda dalam memilih profesi chef bakery sebagai profesi utama?
Kecintaan saya pada makanan yang mendorong saya untuk menekuni dunia kuliner, khususnya pastry dan bakery.

Apakah tantangan terberat yang pernah Anda hadapi sebagai seorang chef bakery?
Menurut saya, tantangan terberat sebagai seorang chef bakery yaitu saat berhadapan dengan berbagai macam tipe dan karakter orang di lingkungan dapur dan memahami karakter tersebut agar kinerja setiap orang dapat maksimal.

Apakah ada pengalaman unik atau tak terlupakan selama menjadi seorang chef bakery?
Pernah. Saat itu ketika saya berjualan donat dan es pisang hijau, saya akan mengikuti acara bazar, tetapi karyawan saya mendadak berhenti bekerja seminggu sebelum acara. Pekerjaan yang biasa dilakukan dengan 3 orang jadi harus dikerjakan sendiri. 

Apa saja prestasi yang pernah Anda raih selama berprofesi sebagai chef bakery?
Saya pernah mengikuti Pie Creation Competition at SUBEX 2009 dan menyabet juara ketiga. Di event Cheese Cake Creation Competition at SUBEX pada tahun 2010, saya juga kembali membawa pulang juara tiga. Begitu pula pada event Surabaya Cake Decoration Competition 2010, saya kembali mendapat juara ketiga. Terakhir saya mendapat juara dua dalam Love and Crazy for Art of Indonesia Cake Decoration Competition 2011.

Seperti apa perkembangan industri bakery dan cake di Indonesia saat ini?
Perkembangan industri bakery dan cake belum banyak berubah dan didominasi oleh tren bakery dari Eropa. Tetapi, roti Taiwan saat ini juga memiliki pasar tersendiri dan memiliki potensi yang besar untuk berkembang. Perkembangan SDM juga semakin bagus, karena banyak chef yang semakin kreatif ada dimana-mana.

Bagaimana peluang berkarir untuk menjadi chef bakery di Indonesia?
Peluang karir chef di Indonesia cukup bagus yang didukung dengan perkembangan bakery yang juga cukup menjanjikan.

Sebagai salah satu chef di Sinar Mas Agribusiness and Food, bagaimana pendapat Anda tentang produk-produk keluaran Sinar Mas Agribusiness and Food?
Produk-produk Sinar Mas Agribusiness and Food memiliki variasi yang cukup banyak dan lengkap, sehingga cukup membantu untuk mendukung kebutuhan di pasar guna menghasilkan produk berkualitas tinggi dan bergizi, tetapi dengan biaya yang efisien.

Menurut Anda, apa 3 hal yang diperlukan untuk menjadi seorang chef bakery yang hebat?
Integritas, kreativitas, dan passion pada dunia Bakery

Siapakah sosok yang menginspirasi Anda untuk menjadi seorang chef bakery?
Ibu saya adalah sosok yang paling menginspirasi saya. Meskipun beliau tidak terjun di dunia bakery, tetapi cara kerja, pola pikir, dan kreativitasnya merupakan cerminan bagaimana seorang chef harus bekerja.

Punya tips atau masukan dari Anda bagi para chef muda yang ingin menjadi chef profesional?
Untuk para chef muda, jangan pernah takut untuk gagal karena setiap orang pasti pernah gagal. Yang terpenting adalah bangkit lagi setelah gagal.

Sebutkan 3 hal singkat yang paling menggambarkan diri Anda!
Pertama, saya suka semua hal yang berhubungan dengan makanan. Kedua, dapat menjadi sangat pendiam saat sedang fokus mengerjakan sesuatu, dan yang ketiga senyum adalah pakaian terbaik yang bisa dipakai semua orang.

Demikian wawancara eksklusif tim Pakaroti bersama Chef Mickey Gunawan dan nantikan wawancara dengan chef berikutnya!

 

Ingin dapat info mengenai resep dan update terkini seputar dunia cake dan bakery? Daftar sekarang juga di sini.

 

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.