Latest Trend

TIPS SUKSES USAHA KUE KERING KILOAN SAMBUT LEBARAN

Usaha kue kering kiloan dapat menjadi bisnis yang menjanjikan dalam menyambut hari raya Lebaran. Kue kering digemari oleh banyak kalangan karena memiliki berbagai macam bentuk dan rasa.

Kue kering kiloan merupakan bisnis yang menjanjikan, apalagi pada saat menyambut Lebaran. Kue kering menjadi bagian dari tradisi yang tidak bisa ditinggalkan. Di samping harganya yang sangat bersahabat, kue kering murah mempunyai banyak sekali varian rasa dan macam. Tidak heran jika kue kering, mungil, dan cantik ini digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak kecil sampai yang sudah berumur.

Kue Lebaran dalam wujud kue kering memang pas untuk menyambut tamu yang sedang bersilaturahim. Apalagi karena bentuknya yang kecil, meja tamu bisa menampung banyak sekali jenis dan rasa. Kue kering ini biasanya ditempatkan di berbagai macam bentuk toples sekaligus menjadi hiasan di ruang tamu keluarga. Setiap Hari Raya Lebaran tiba, orang berlomba-lomba untuk mempercantik toples mereka dengan mengisinya dengan kue kering.

Karena permintaan yang banyak, tak heran jika kue kering merupakan salah satu bisnis yang membawa banyak keuntungan ketika Lebaran sudah hampir tiba. Bahkan setelah Lebaran usai pun, peminat kue kering masih tetap ada. Pakarians berniat menjalankan bisnis kue kering kiloan ini? Ada banyak keuntungan dan kelebihan dari menjalankan usaha kue kering kiloan. Mari kita simak bersama.

Aneka Usaha Kue Kering Kiloan Lebaran

Beragam bentuk bisnis kue kering bisa ditemukan, baik itu yang terbungkus mewah di outlet maupun dalam bentuk kiloan di toko grosir maupun pasar. Banyaknya penjual kue kering kiloan menjadikan bisnis ini memiliki persaingan ketat. Pakarians perlu cermat dalam membuat strategi agar penjualan kue kering kiloan dapat berjalan lancar. Salah satunya dengan menentukan aneka kue kering kiloan yang memiliki kualitas tinggi. Meskipun ada banyak sekali kue dengan tampilan yang sangat cantik dan menarik, terkadang penampilan tidak seindah rasanya. Maka dari itu, Pakarians jangan hanya mengedepankan bentuk kue kering yang cantik, tapi perhatikan juga rasa dan pemilihan bahan yang berkualitas.

Sebelum memulai membuka usaha kue kering kiloan, Pakarians wajib tahu kue kering yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Aneka kue kiloan untuk Lebaran memang tidak ada habisnya. Bahkan setiap tahun ada saja inovasi baru yang membuat varian kue kering jadi beda dibandingkan tahun sebelumnya. Pakarians bisa mendapatkan beberapa referensi dari kue yang kami berikan. Di antaranya adalah

  • Nastar Kiloan: kue yang diisi dengan selai nanas ini merupakan salah satu makanan wajib saat menjamu tamu di saat Lebaran. Ukurannya yang mini, dengan rasa perpaduan manis asam merupakan khas dari kue nastar tersebut. 
  • Kaastengel: Diadaptasi dari kue khas Belanda yaitu ‘kaas’ yang berarti keju, kaastengel menjadi kue kering favorit para pecinta keju. Rasa gurih dan asin dalam kue kastangel yang membuat ketagihan menjadikannya salah satu suguhan menarik saat lebaran.
  • Putri Salju: Taburan gula halus layaknya salju yang menutup kue berbentuk bulan sabit ini memang menjadi ciri khas kue putri salju. Kue ini selalu banyak dicari dan menjadi salah satu camilan favorit di hari raya. 
  • Cocho Chips Mede: Lain halnya dengan kue sus dan nastar, kue coklat yang ditaburi kacang mede ini memang menggunggah selera, terutama untuk anak kecil.
  • Kue Semprit: Kue yang satu ini juga selalu berada di jajaran kue kering khas lebaran dan tidak pernah absen. Kue yang berbahan dasar tepung terigu ini mempunyai rasa dan tekstur yang khas. 
  • Lidah Kucing: Kue yang bentuknya menyerupai lidah kucing ini salah satu kue populer di kalangan masyarakat. Lidah kucing biasanya hadir di saat lebaran dengan aneka varian rasa dan warna.

Agar bisa mendapatkan rasa terbaik untuk kue kering, gunakanlah bahan-bahan terbaik untuk proses pembuatannya. Pakarians bisa menggunakan margarin jenis Butter Blend Margarin,  campuran unik dari "butter oil" dan "margarin" yang tidak hanya memiliki tekstur yang lembut tetapi juga menghasilkan aroma butter yang unik. Formula butter blend margarine yang istimewa bisa menghasilkan kue kering bermutu tinggi. 

Pakarians bisa mencoba resep Kaastangel yang terdiri dari bahan butter blend margarin, kuning telur ,terigu protein sedang, susu bubuk, baking powder, keju parmesan,keju edam  Dapatkan hasil berupa kue dengan aroma istimewa dan kualitas rasa yang lebih dari biasanya.

Kelebihan Usaha Kue Kering Kiloan

Kue kering kiloan yang bisa dikreasikan memang identik dengan kue-kue yang populer di saat Lebaran. Maka salah satu kelebihan utama dari usaha kue kering kiloan adalah adanya keuntungan besar ketika menyambut hari lebaran. Jika Pakarians berniat untuk membuat bisnis kue kering ini menjadi long last atau tetap populer di momen-momen lain, maka Pakarians bisa memodifikasikannya sesuai dengan momen yang dimaksud.

Apabila Pakarians termasuk bakers pemula yang ingin merintis bisnis kue, usaha kue kering kiloan bisa Anda mulai dengan mudah karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bahkan Pakarians bisa memulai bisnis kue kering kiloan langsung dari dapur Anda sendiri. Anda tinggal menjual sesuai dengan orderan dari konsumen.

Berbisnis kue kering kiloan sangat minim risiko, khususnya untuk kue kering. Apabila belum habis, kue tidak rusak dan masih dapat dijual sampai beberapa hari. Sedangkan, untuk kue basah memang risiko lebih besar karena mudah rusak. Tetapi, yang sangat diperlukan adalah perhitungan yang tepat agar kue yang dibuat tidak berlebih atau terbuang menjadi terlalu banyak.

Selain itu, berbisnis kue kering mempunyai pangsa pasar yang besar. Kebiasan ngemil atau makan makanan kecil sangat umum di dalam masyarakat. Selain Lebaran, kue kering juga diperlukan dalam acara-acara seperti arisan, pesta, seminar atau saat kumpul keluarga. Anak-anak juga memerlukan bekal saat berangkat sekolah dan kue menjadi salah satu pilihan untuk mereka atau saat istirahat, anak sekolah umumnya membeli kue-kue untuk dimakan. Karyawan di kantor pun biasa membeli kue-kue untuk mengisi waktu senggang.

Cara Memasarkan Bisnis Kue Kering Kiloan

Jika Pakarians sudah mempunyai beberapa produk kue kering yang siap dipasarkan, Pakaroti akan memberikan tips bagaimana agar kue Anda laku di pasaran. 

  • Menentukan Pasar
    Pertama, Pakarians harus mengetahui pasar mana yang akan dibidik. Apalagi Anda sebagai seorang pemula. Sebelum menawarkan kue kering, Anda bisa menyiapkan beberapa sampel untuk dicicipi. Dari cara itulah Anda tahu pasar Anda menyukai rasa kue kering yang seperti apa.
  • Kemasan yang Menarik
    Tentunya selain rasa yang enak, kemasan yang Anda buat juga harus menarik karena tidak sedikit orang yang menggunakan kue kering saat Lebaran sebagai hadiah saat bertamu. Maka, jika kemasan kue kering Anda menarik, hal tersebut bisa menjadi nilai tambah tersendiri.
  • Inovasi Produk
    Anda harus bisa berinovasi terhadap produk kue kering yang ingin diproduksi. Karena persaingan yang sangat ketat apalagi menjelang Lebaran, Anda harus bisa memberikan nilai tersendiri di mata pelanggan, salah satunya adalah dengan menciptakan inovasi produk. Inovasi bisa berupa  kreasi bentuk dan warna kue kering  serta campuran rasa dan toping yang lain dari biasanya.
  • Pasarkan Secara Online
    Di era digital seperti sekarang, tidak ada salahnya jika Pakarians memasarkan kue kering secara online. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, sampai dengan marketplace. Buat tampilan kue kering secantik mungkin, sehingga bisa menarik perhatian konsumen yang melihat di dunia maya. Selain itu, manfaatkan juga fitur yang di media sosial, seperti hashtag, agar mudah dicari dan diketahui pelanggan.
  • Rasa yang Konsisten
    Jika Pakarians sudah mempunya beberapa faktor di atas, maka Pakarians harus bisa menjaga kualitas produk kue kering atau kue Lebaran yang diproduksi. Jika Pakarians sudah memiliki banyak pelanggan, jangan mengurangi kualitas dengan mengurangi bahan dasar dalam rangka mengambil keuntungan yang lebih besar. Faktor ini merupakan inti kesuksesan dari usaha kue kering Anda. Berbuat curang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar hanya akan membuat Anda kehilangan pelanggan dan menjadi bisnis yang tidak dipercaya. Jaga terus kualitas dan dijamin kue Anda akan selalu banyak peminatnya.

Dengan menjalankan beberapa tips di atas, Anda bisa bersaing dalam persaingan kue kering saat Lebaran tiba nanti. Anda bisa mengisi waktu luang dengan melakukan hal yang positif dan menghasilkan. Semoga Lebaran tahun ini Anda dapat menyuguhkan kue Lebaran yang enak, bergizi, dan juga lezat kepada keluarga dan kerabat tercinta, sekaligus membangun bisnis Anda sendiri. 

 

 

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.