Latest Trend

SAJIAN PINATA CAKE UNTUK RAYAKAN MOMEN SPESIAL

Kue ulang tahun, kue pernikahan atau kue untuk acara perayaan lainnya kerap ditemui dengan bentuk dan dekorasi yang sangat unik dan cantik. Para pebisnis cake pun berlomba menciptakan beragam konsep kue perayaan yang menarik dan lain daripada yang lain. Selain memanjakan lidah, kue yang dibuat untuk selebrasi ini juga harus memanjakan mata karena aspek visualnya yang memukau dan membuat semua pandangan orang yang hadir di acara pesta tertuju pada kue tersebut. Salah satu konsep kue untuk perayaan yang mulai populer beberapa tahun belakangan ini adalah Pinata Cake. 

 

Pinata cake jika dilihat dari luar memang nyaris tak ada bedanya dengan cake decoration pada umumnya yaitu, meriah dan penuh warna. Namun, ketika kue dipotong, akan ada kejutan melimpah ruah dari dalam kue. Inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari pinata cake. Cake ini memiliki isian dalam jumlah banyak di dalamnya, baik dalam bentuk permen, coklat warna-warni, marshmallow hingga cookies. Sensasi isian cake yang tumpah keluar saat dipotong menjadikan pinata cake sajian perayaan yang disukai dan membawa nuansa baru dalam pesta perayaan.

 

 

Ya, pinata cake terinspirasi dari tradisi permainan orang Meksiko saat melakukan perayaan ulang tahun yang biasanya ditujukan untuk anak-anak. Pinata ini merupakan sebuah wadah tertutup yang dihias sedemikian rupa menariknya dan diisi dengan berbagai macam hadiah mulai dari permen, cokelat, kertas warna-warni hingga mainan. Nantinya, wadah tersebut dipukul oleh orang yang berulang tahun hingga isi di dalam wadah tersebut berhamburan kemudian diperebutkan oleh tamu yang hadir.

 

Konsep inilah yang kemudian diadaptasi ke dalam bentuk cake. Pinata cake bukanlah cake pada umumnya yang dibentuk dengan tekstur padat di dalamnya. melainkan cake yang memiliki isian berbentuk printilan warna-warni.


 

 

 

 

Untuk membuat pinata cake terbilang sederhana, Pakarians cukup membuat ruang kosong di dalam kue dan mengisinya dengan isian sesuai selera yang tentunya juga sudah disesuaikan dengan tema acara, setelah itu bagian luarnya dihias semenarik mungkin menggunakan buttercream. Juliet Sears, seorang pembuat cake asal inggris dalam bukunya merekomendasikan penggunaan buttercream sebagai luaran dari pinata cake ini karena rasanya akan jadi lebih enak. 

 

Satu hal yang perlu Pakarians pahami, pemilihan bahan baku dalam membuat pinata cake ini merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan karena tekstur cake harus lembut tapi tetap kuat sehingga mampu menahan isian. Pastikan juga Pakarians menggunakan buttercream berkualitas tinggi untuk menutup seluruh lapisan kue. Untuk menghasilkan krim yang bertekstur kuat dan kokoh ini, Pakarians bisa menggunakan FILMA Pusaka White Baker's Fat. FILMA Pusaka ini merupakan lemak nabati berkualitas tinggi yang terbuat dari minyak nabati pilihan yang sudah dimurnikan. 

 

Untuk pengaplikasiannya, Pakarians bisa menggunakan spuit untuk hasil efek hiasan yang bergelombang di sekeliling cake. Gunakan juga meja putar saat menghias agar lebih mudah. Untuk memberi kesan meriah, Pakarians bisa menggunakan warna-warna kontras yang disesuaikan dengan tema acara. Pakarians bisa menggunakan warna biru dan pink untuk acara baby shower serta hijau untuk acara natal. Tentunya isi kue yang beragam ini juga bisa disesuaikan misalnya permen atau jelly dengan bentuk yang unik, biscuit kecil, hingga mainan. Atau jika ingin pilihan isian yang lebih sehat, bisa menggunakan buah berry yang berwarna cantik. 

Demikian ulasan mengenai Sajian Pinata Cake untuk Rayakan Momen Spesial. Perlu diingat bahwa Pinata cake tidak jauh berbeda dengan cake decoration lainnya, yang membedakan hanyalah isian dari kue tersebut. Pinata cake bisa digunakan sebagai kue untuk berbagai acara mulai dari ulang tahun, pernikahan, baby shower, natal, dan lain sebagainya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kesuksesan bisnis Bakery Pakarians


 

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.