Latest Trend

MENDULANG UNTUNG DARI BISNIS KUE PERNIKAHAN

Bisnis kue pernikahan kini menjadi sebuah peluang yang kian tahun terus berkembang. Dengan segala kreasi yang dibuat oleh gerai-gerai baru yang menawarkan produk ini, mereka siap bersaing untuk mendapatkan pelanggan.

Bisnis kue pernikahan menjadi sebuah peluang usaha yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Gerai-gerai baru yang menawarkan pembuatan wedding cake terus bermunculan. Bertambahnya populasi generasi siap nikah menjadi penggerak bisnis penyedia kebutuhan acara pesta pernikahan. Setiap tahun ada begitu banyak pameran wedding yang diikuti oleh berbagai vendor penyedia kebutuhan pernikahan, salah satunya adalah para pelaku bisnis bakery wedding cake. Mereka berlomba-lomba menampilkan wedding cake alias kue pengantin dengan dekorasi yang menawan agar bisa bersaing dalam memperoleh pelanggan.

Menjamurnya Bisnis Kue Pernikahan

Sebuah pesta pernikahan dirasa belum lengkap tanpa kehadiran kue pengantin. Pada tanggal dan bulan tertentu yang memang dinilai sebagai tanggal baik untuk pernikahan, keuntungan bisnis kue pernikahan bisa melonjak tinggi seiring dengan tingginya permintaan.

Kue pengantin telah menjadi bagian dari tren pesta pernikahan masa kini yang sudah umum di berbagai kalangan dan bukan hanya bagian dari kebudayaan tertentu. Inilah yang menyebabkan bisnis kue pernikahan begitu menjamur.

Bagi pebisnis kue pengantin, membuat kue pengantin memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Bentuk kue harus dirancang khusus dengan kreativitas dan tingkat kesulitan yang beragam. Kue pengantin biasanya berukuran besar dan dibuat bertingkat, mulai dari lapisan dasar hingga paling atas. Selain itu kebanyakan kue pengantin membutuhkan waktu pembuatan relatif lama karena proses pengerjaaan dekorasi kue pengantin memiliki teknik yang rumit. Wajar saja, satu kue dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Karena bisnis kue pernikahan menargetkan segmen tertentu, maka dari itu diperlukannya strategi yang tertata agar Pakarians bisa sukses menjalankan tipe bisnis bakery ini. Mulai dari tempat, modal, sampai promosinya, Pakarians harus bisa mengatur semuanya dengan tepat. Berikut beberapa strategi yang bisa Pakarians terapkan untuk bisnis kue pernikahan.

1. Mencari Harga Pasaran Produk Usaha Kue Pengantin

Temukan informasi mengenai harga pasaran kue pernikahan di kota dan daerah bisnis Pakarians dengan mengunjungi toko roti ataupun pameran-pameran wedding. Pastikan produk kue pengantin Anda memiliki harga yang bersaing serta menyesuaikan harga yang sudah menjadi standar di pasaran. Jika Pakarians berniat menjual dengan harga diatas pasaran, pastikan produk kue pernikahan yang Pakarians buat memiliki kualitas tinggi dan keunikan tersendiri.

Selain harga pasaran, ada beberapa hal yang Pakarians perlu perhatikan saat menentukan harga kue pengantin yang akan dijual. Salah satu hal yang paling utama adalah biaya pembuatan kue dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue pengantin, termasuk kue tester/sample serta aksesoris yang dibutuhkan. Selanjutnya Pakarians juga perlu memperhatikan biaya pengiriman dan kendaraan yang digunakan untuk mengantarkan kue pengantin ke venue acara pernikahan. Selain itu Pakarians juga tidak boleh meremehkan waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk appointment pertemuan dengan calon pembeli. Selalu sediakan sampel cake yang fresh saat melakukan appointment agar calon pembeli bisa mendapatkan kesan terbaik.

2. Teknik Pemasaran Kue Pernikahan yang Tepat

Semua jenis bisnis vendor pernikahan memiliki persaingan yang sangat ketat. Maka dari itu sangat penting bagi Pakarians untuk menggunakan strategi terbaik dalam memasarkan bisnis agar para calon pengantin diluar sana bersedia melirik produk kue Pakarians.

Manfaatkan internet dan sosial media untuk memasarkan produk Pakarians. Buatlah website yang menarik beserta dengan akun sosial media yang memamerkan beragam kue pengantin karya Pakarians. Jangan lupa untuk selalu update website dan sosial media bisnis kue pernikahan Pakarians agar calon pelanggan mengetahui kreasi terbaru dari bisnis Anda.

Networking menjadi sangat penting bagi bisnis kue pernikahan karena bisnis ini akan bergerak dalam lingkup lokal di kota tempat bisnis Pakarians berada. Bangun hubungan baik dengan beragam wedding organizer dan vendor pernikahan lainnya yang ada di kota Pakarians. Mereka nantinya dapat membukakan pintu bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

Pakarians juga dapat ikut serta dalam beragam Wedding Expo atau pameran vendor pernikahan. Acara seperti ini bisa mempertemukan bisnis Pakarians secara langsung dengan calon pembeli potensial. Pakarians juga bisa mendapatkan berbagai kritik dan saran yang bermanfaat melalui event ini. 

3. Mempunyai Resep Kue yang Sesuai Selera Pelanggan

Siapkan resep cake dan pilihan rasa yang memang disukai oleh target market bisnis Pakarians. Tetap siapkan diri jika memang Pakarians harus membuat kreasi resep berbeda demi memenuhi permintaan khusus dari pelanggan. 

Teruslah berlatih dan belajar teknik baru dalam membuat dan menghias kue pernikahan. Tren dekorasi kue pernikahan terus berubah jadi pastikan Pakarians selalu up to date dengan beragam kreasi dekorasi terbaru. 

Di dalam bisnis kue pernikahan, tentu penting untuk memiliki hiasan kue yang fleksibel dan dapat bertahan lama. Hal ini tentu memberi nilai tambah bagi kue yang dihasilkan. Pakarians bisa menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk menghasilkan dekorasi kue terbaik. Salah satunya dengan menggunakan Filma Baker’s Cream Fat yang memiliki karakteristik lembut dan tidak mudah meleleh.

4. Membangun Portofolio dan Testimoni

Pastikan Pakarians mendokumentasikan setiap karya kue pengantin yang Pakarians buat dengan maksimal. Gunakan kamera dan pencahayaan terbaik agak kue pengantin karya Pakarians bisa terlihat menarik dan membuat calon pelanggan tertarik.

Bangun testimoni dari pelanggan karena bisnis ini sangat dipengaruhi oleh rekomendasi-rekomendasi dari orang-orang yang sudah puas dengan karya yang Pakarians hasilkan untuk mereka.

Macam dan Bentuk Kue Pengantin 

Nah, jika semua proses itu tersebut sudah Pakarians jalankan untuk pengembangan bisnis kue pernikahan, sekarang saatnya Pakarians mengetahui apa saja trend kue pengantin yang laku dipasaran. Tahun lalu tren kue pengantin diramaikan dengan desain kue berbentuk istana megah serta kue berbentuk rustic yang minimalis. Bagaimana dengan tren untuk tahun ini? 

1. Kue Pengantin dengan Dominasi Warna Putih

Kue pengantin ini menjadi pilihan para calon pengantin yang menyukai desain yang simpel dan elegan. Banyak orang meyakini warna putih adalah hal yang wajib untuk sebuah dekorasi pesta pernikahan karena dianggap mewakili makna kesucian dan kesakralan. Pakarians bisa menambahkan hiasan unik nan cantik seperti hiasan mutiara, pita, ataupun hiasan butter cream yang dibentuk semenarik mungkin.

2. Kue Pengantin Bernuansa Feminim

Calon mempelai wanita biasanya memiliki andil besar dalam pemilihan kue pengantin, maka dari itu desain kue pengantin bernuansa feminim tentu sangat menarik perhatian target market Pakarians. Perpaduan warna-warna pastel bisa memberi kesan feminim dan elegan pada kue pengantin karya Pakarians. Apabila ingin menambahkan hiasan menarik dan juga cantik, Pakarians bisa menambahkan bunga-bunga atau pun memilih alas meja untuk kue dengan dominasi warna pink.

3. Kue Pengantin Drip Cake

Kue Pengantin ini ramai dibicarakan karena efek uniknya berupa lelehan yang tumpah dari atas. Efek lelehan ini bisa didapat dari bahan-bahan seperti ganache, coklat leleh, dan bahkan dari karamel. Kue pengantin dengan efek drip ini bisa dipadukan dengan dekorasi lain seperti bunga-bunga yang bisa dimakan (edible flowers) dan aneka buah berry untuk kesan klasik.

Dari 3 macam jenis kue pengantin diatas, Pakarians bisa mengembangkan kreasi dengan toping dan icing yang beragam. Temukan dekorasi kue pengantin yang terbaik dan unik sehingga kue pengantin karya Pakarians memiliki ciri khas tersendiri dan mampu menarik perhatian banyak pelanggan. Selamat menggeluti bisnis kue pernikahan ini, Pakarians!

 

 

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.