Latest Trend

CARA SUKSES MEMASARKAN BISNIS ROTI 1000AN

 Cara sukses memasarkan bisnis roti 1000an bisa dilakukan dengan mudah dan cepat karena tidak memerlukan banyak bahan baku.

Bisnis roti 1000an memang banyak sekali peminatnya. Disamping harganya yang memang terjangkau, roti seribuan mempunyai ciri khas tersendiri, mulai dari segi rasa, bentuk, sampai cara penjualannya. Bagi Anda yang tidak mempunyai modal terlalu besar, bisnis roti seribuan memang layak untuk dicoba. Beragam contoh bisnis roti 1000an misalnya adalah Roti Family, Roti Special, Madona Bakery dan Yani Bakery.

Meskipun memulai bisnis roti 1000an terlihat mudah dan cepat, karena modal yang sedikit, tetapi ada beberapa teknik yang perlu Pakarians ketahui agar bisnis Anda berjalan dengan mulus, karena disamping bisnis ini sudah mulai menjamur, membuat kreasi roti seribuan pun harus penuh dengan inovasi, serta mampu bersaing dengan produk roti lainnya yang ada di pasaran.

Untuk membuat roti harga seribuan biasanya tidak memerlukan banyak bahan baku, karena memang pemakaian adonan serta jumlah topping didalam maupun di atas roti tidak sebanyak roti biasa, yang harganya diatas seribu rupiah. Bahan yang diperlukan-pun tidak berbeda jauh sama seperti resep roti murah yang enak dan berkualitas. Meskipun harganya murah, namun bahan dasar yang digunakan harus berkualitas mulai dari pemilihan tepung terigu, gula, margarine, sampai topping yang nanti akan digunakan.

Cara sukses memasarkan roti 1000an ini pun tak lepas dari rasa serta kualitas yang ditawarkan kepada para pelanggan. Cara memasarkannya perlu dibungkus dengan inovasi roti yang berbeda. Contohnya adalah usaha roti unyil yang saat ini sudah mempunyai banyak sekali pelanggan. Dengan mengusung tema roti yang dijual dengan bentuk kecil (unyil), roti unyil sanggup bertahan di dalam kerasnya industri pangan, terutama industri roti. 

Keuntungan Bisnis Roti Murah

Meskipun untuk membuat bisnis roti 1000an yang murah meriah tidak perlu memerlukan modal yang terlalu besar, tetapi keuntungan yang didapatkan melalui bisnis roti 1000an ini sangat banyak, dengan catatan jika Pakarians bisa memasarkannya dengan cara yang benar.

Keuntungan bisnis roti murah ini juga didapat jika Pakarians bisa menemukan varian rasa dan bentuk produk yang pas dengan pelanggan yang ada di sekitar. Keuntungan bisa didapat jika jumlah roti yang diproduksi melebihi jumlah modal roti itu sendiri.

Misalnya adalah dengan resep roti manis dari Pakaroti, Anda bisa memproduksi 45 roti dengan perkiraan modal Rp. 29,000 saja. Maka satu roti modalnya adalah sekitar Rp. 650. Anda bisa mendapat keuntungan lebih dari 2 kali lipat modal dengan menjual roti manis ini seharga Rp. 1.500. 

Jadi, pada intinya, untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis ini,  Pakarians harus bisa menganalisa pasar dimulai dari mengenali perilaku konsumen, memilih bahan baku yang digunakan, memilih peralatan produksi roti, mengetahui lokasi strategis untuk menjalankan bisnis roti, agar memperoleh keuntungan yang lebih, mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk roti Pakarians, sampai mengetahui kekurangan produk roti Anda sendiri.

Memulai Bisnis Roti Seribuan

Memulai bisnis roti seribuan bisa dijalankan oleh para bakers yang sudah ahli maupun yang masih pemula. Meski tergolong mudah, Pakarians tetap perlu memperhatikan cara memulai bisnis roti harga seribuan ini agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Ada beberapa tips yang harus Anda ketahui agar bisnis roti seribuan berjalan dengan lancar.

  • Pertama Pakarians harus menganalisa peluang usaha roti rumahan. Pakarians harus mengetahui cakupan pemasaran produk yang nanti akan Anda pasarkan, setelah itu Anda baru bisa tahu kuantiti produk yang harus diproduksi.
  • Analisa keuangan Pakarians juga perlu dilakukan. Pakarians harus bisa membuat sebuah perhitungan dengan roti seribuan, apakah sepadan dengan modal yang ditanamkan.
  • Menentukan varian rasa. Anda harus tahu varian rasa apakah yang paling sering digemari atau dibeli oleh pelanggan sesuai dengan analisa peluang usaha roti rumahan. Jika Anda sudah mendapatkannya, Anda hanya perlu menyiapkan adonan.
  • Harga 1000an memang tergolong murah, tetapi jika Pakarians mampu memproduksi dan menjual produk roti dengan kuantitas yang besar, maka keuntungan yang didapatkan pun akan berlipat.
  •  Menentukan tempat yang strategis untuk menjual produk Pakarians. Anda harus tahu apakah varian rasa yang Anda tawarkan cocok dengan tempat Anda menjual produk. Meskipun hanya roti seribuan, ada belasan jenis produk roti yang bisa Pakarians coba, dengan peluang yang berbeda-beda pula.

Cara Membuat Roti Seribuan  

Ada beragam cara membuat roti seribuan yang bisa dicoba oleh Pakarians, tergantung dengan teknik yang biasa Pakarians gunakan serta jenis produk roti yang nantinya akan dijual. Pastinya Pakarians harus mempunyai resep roti seribuan andalan yang mungkin berbeda dengan pembuat roti lainnya.

Apapun resep roti murah meriah tetapi berkualitas yang Anda berikan, pastinya Anda harus memiliki mesin pendukung dan peralatan membuat roti lainnya. Berikut adalah mesin pendukung yang harus Anda punya :

  • Mixer, berfungsi untuk mencampur segala macam adonan roti
  • Mixer Proofer, atau biasa yang dikenal dengan lemari pengembang ini, biasanya digunakan untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti sebelum adonan tersebut akhirnya masuk ke dalam oven
  • Dough Divider, atau bahasa sederhananya adalah mesin pembagi adonan yang mempunyai fungsi membagi adonan agar sama rata. Sebenarnya, tanpa menggunakan dough divider, Anda juga bisa membagi adonan sama rata menggunakan teknik manual, yaitu menggunakan tangan, tetapi jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal dalam bisnis roti seribuan, menggunakan dough divider merupakan langkah yang tepat.
  • Oven, hampir seluruh pembuat roti pasti tidak akan melupakan mesin alat ini. Meskipun resep roti yang dibuat sangat maksimal, tetapi jika tidak menggunakan oven, maka resep roti tersebut akan sia-sia.

 Aneka Resep Murah Meriah Untuk Usaha Roti Seribuan

Pastinya Pakarians ingin mengetahui resep roti murah tapi enak yang bisa segera Anda coba. Jika diatas kita sudah membahas mengenai cara sukses memasarkan bisnis roti 1000an, sekarang saatnya Pakaroti berbagi resep untuk usaha roti 1000an. Bahan yang digunakan tentu harus yang berkualitas. Meskipun berkualitas, bahan tersebut tidak perlu mahal. Hal paling penting adalah bagaimana Anda dapat menggabungkan teknik pembuatan roti dengan bahan yang Anda miliki.

Ada banyak sekali jenis roti seribuan yang tersebar di pasaran, dengan harga yang murah meriah, dan rasa yang berkualitas dijamin akan memikat banyak hati pelanggan. Berikut adalah resep-resep roti seribuan yang bisa Anda coba.

1. Roti Kukus Gula Merah Seribuan

Jenis roti kukus ini memang sudah tidak diragukan lagi dipasaran. Bahan yang dibutuhkan pun sedikit dan mudah ditemukan. Anda hanya perlu menyediakan telur, gula merah, gula pasir, baking powder, dan tepung terigu.

2. Roti Pandan Keju 1000an

Sama halnya dengan resep roti 2 diatas, resep roti pandan mempunyai bahan baku yang sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan telur, gula pasir, margarin, santan, pandan, dan maizena.

3. Pisang Gulung Coklat 1000an

Dengan menggunakan bahan dasar pisang, Anda bisa membuat produk roti unggulan dan tidak memerlukan biaya modal yang banyak. Anda hanya perlu menyiapkan roti tawar, pisang, ceres, tepung, dan telur.

Demikian ulasan mengenai cara sukses memasarkan bisnis roti 1000an. Apakah dengan membaca artikel ini Anda tertarik langsung untuk memulai usaha roti murah yang lezat? Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu Pakarians untuk mengembangkan bisnis roti, terutama roti murah dengan kualitas yang bagus. 

 

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.