Latest Trend

ANEKA RESEP TRIFLE CAKE, KUE DINGIN DALAM GELAS

Trifle cake merupakan hidangan penutup asal Inggris sejenis puding yang terbuat dari kue chiffon. Cara pembuatan trifle cake tidak melalui proses memasak melainkan kue ditumpuk secara bersusun menggunakan selai sebagai perekat supaya kue menempel dan tetap kokoh.

Hidangan ini bisa disajikan sebagai makanan penutup untuk makan bersama keluarga maupun berbagai acara seperti natal dan tahun baru. Awalnya trifle cake hanya terdiri dari potongan kue, puding dan irisan buah berlapis. Namun saat ini, sudah banyak kreasi dari trifle cake. Kue ini bisa dipadukan dengan beberapa bahan yang membuatnya semakin nikmat. Perpaduan aneka buah segar, custard, hingga krim yang lembut membuat sensasi lezat di lidah bertambah. Biasanya, trifle cake disajikan dengan wadah transparan agar seluruh  sisi kue yang cantik ini bisa terlihat.

Trifle cake termasuk hidangan yang mudah dibuat. Tapi, untuk menghasilkan trifle cake yang nikmat dan juga menarik, ada beberapa tips yang perlu dipahami saat membuatnya. Berikut ini adalah Tips Membuat Trifle Cake.

  1. Gunakan wadah yang tepat Gunakan gelas atau bening yang tinggi agar bahan-bahan trifle cake terlihat jelas. Gunakan juga wadah yang dalam agar memiliki ruang untuk lapisan yang cukup.
  2. Diawali dengan lapisan atau dasar yang manis dan kokoh Lapisi trifle cake dengan bahan yang padat seperti brownies atau roti agar bisa menahan bahan-bahan di atasnya dengan baik. Jika menggunakan bahan lapisan yang lembek, bisa membuat lapisan meleleh seperti bubur di akhir.
  3. Tambahkan Isian krim Setelah alas sudah disusun, tambahkan lapisan berupa krim, selai atau puding untuk mengikat hidangan.
  4. Sajikan dengan buah Tambahan buah membantu memberikan rasa segar dan manis yang pas. Lapisi dengan buah segar seperti stroberi, rasberi atau pisang di atas krim. Pastikan juga buah dipotong kecil-kecil agar mudah disajikan
  5. Setelah menambahkan buah, ulangi lagi dari langkah awal. Lapisi bahan hingga wadah terisi penuh.
  6. Taburi dengan toping Anda bisa menggunakan whipped cream kemudian ditaburi dengan aneka topping seperti bubuk coklat, remah kue, atau bubuk kayu manis. Anda juga bisa menuangkan sirup coklat atau saus karamel di atasnya.

Anda juga bisa berkreasi dengan aneka bahan untuk menghasilkan trifle cake yang menarik. Beberapa olahan trifle cake yang bisa Anda coba adalah Strawberry Triffle Cake, Cream Trifle Pudding, dan Trifle Chocolate Greentea Cake.

Cara membuat Strawberry Trifle Cake tergolong mudah, yaitu dimulai dengan mengiris tipis buah stroberi kemudian aduk rata dengan gula pasir. Biarkan hingga stroberi agak layu. Kemudian buat puding susu dengan air secukupnya. Diamkan hingga dingin lalu masukkan ke dalam kulkas agar padat. Buat juga vla instan kemudian simpan juga ke dalam kulkas. Setelah itu, tata stroberi, roti tawar, puding dan vla bergantian sampai terlihat seperti berlapis-lapis. Kemudian tutup bagian permukaannya dengan whipped cream.

Sedangkan untuk membuat Cream Trifle Pudding, yang perlu Anda buat terlebih dulu adalah puding kemudian saus stroberi. Puding dibuat dengan cara merebus susu cair, agar-agar bubuk, jeli bubuk, gula pasir, dan esens vanila hingga mendidih. Tambahkan krim kental, kemudian aduk sampai rata. Tuang ke dalam mangkuk lalu bekukan di dalam freezer. Sementara saus stroberi bisa dibuat dengan memanaskan selai stroberi dengan air dan pewarna sampai larut. Setelah itu, masukkan stroberi dan aduk hingga rata kemudian angkat. Untuk menyajikan Cream Trifle Puding, tata brownies di dasar gelas kemudian sendokkan puding di atasnya. Tuang saus stroberi lalu sendokkan lagi puding di atasnya, tuang saus stroberi. Semprot krim dan tuang saus coklat di atasnya.

Untuk membuat Trifle Chocolate Greentea Cake, bahan yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan dua jenis trifle cake sebelumnya. Pakarians perlu membuat cake dan trifle chocolate greentea.

Pertama yaitu membuat cake. Masukkan telur, gula, garam dalam wadah kemudian aduk dengan mixer sampai mengembang. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena, coklat bubuk, susu bubuk, dan baking powder, aduk perlahan sampai rata. Setelah itu, tambahkan FILMA Margarine yang sudah dilelehkan dan masukkan pasta coklat, aduk kembali sampai rata. Setelah itu, masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarine, tunggu sampai matang selama kurang lebih 20 menit. Setelah matang, angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, potong dalam bentuk kotak kemudian sisihkan.

Sedangkan untuk membuat trifle chocolate greentea, rebus susu cair, gula pasir, greentea bubuk, krim kental, aduk rata dan tunggu sampai mengental. Di wadah lain, aduk rata mazeina bersama kuning telur, setelah itu tuangkan ke dalam campuran rebusan susu, aduk-aduk kemudian tambahkan pasta vanila dan pasta hijau dan tunggu hingga mendidih. Setelah cake dan trifle chocolate greentea jadi, siapkan wadah, letakkan adonan cake ke dalam wadah. Beri trifle di bagian atasnya setelah itu masukkan lagi cake dan beri trifle kembali. terakhir beri taburan bubuk green tea.

Demikian ulasan mengenai Aneka Resep Trifle Cake beserta tips untuk membuatnya. Pakarians bisa coba membuat seperti contoh di atas atau dengan kreasi lainnya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.