Latest Trend

ANEKA KREASI ROTI TAWAR UNTUK INSPIRASI BISNIS

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Tapi selain nasi, bahan makanan pokok yang juga banyak dikonsumsi orang Indonesia adalah roti, lebih spesifiknya roti tawar. Roti tawar menjadi olahan yang praktis untuk sarapan, camilan, bahkan teman di perjalanan. 

Selain itu, roti juga praktis karena bisa diolah dengan berbagai kreasi. Tidak heran jika bisnis roti tawar tidak pernah mati dari masa ke masa. Tidak melulu roti tawar yang dioles selai atau aneka kreasi roti bakar yang banyak ditemui, Anda juga bisa mengolah roti tawar menjadi kreasi olahan yang inovatif lainnya. Berikut ini aneka kreasi roti tawar untuk inspirasi bisnis yang bisa Anda coba:

1. Tuna Sandwich

Tuna sandwich atau roti lapis tuna merupakan roti tawar yang dikombinasikan dengan ikan tuna dan bahan lainnya. Untuk membuat tuna sandwich, bahan-bahan yang diperlukan adalah roti tawar, tuna kalengan, mayonaise, capers, bawang bombay, tomat, dan daun lettuce. Membuat olahan ini tidaklah sulit. Pakarians bisa memulainya dengan mencampur rata tuna, mayones, bawang bombay dan capers yang sebelumnya sudah dicincang. Kemudian, potong menjadi dua helai roti tawar, panggang hingga coklat keemasan. Tata daun lettuce, irisan tomat dan adonan tuna, terakhir tambahkan irisan bawang merah di atasnya.

2. Roti Gulung Sosis Keju

Roti tawar juga bisa diolah menjadi roti gulung dengan aneka isian, seperti sosis keju. Untuk membuat roti gulung sosis keju, bahan yang digunakan yaitu roti tawar tanpa kulit, sosis matang, dan keju. Sementara untuk bahan pencelupnya yaitu telur yang sudah dikocok lepas, tepung terigu, tepung panir, dan minyak goreng Filma Cooking Oil. Cara membuatnya, pertama pipihkan roti tawar. Ambil selembar roti dan letakkan keju serta sepotong sosis, gulung roti lalu rekatkan dengan tusuk gigi. Celupkan ke dalam telur kocok, kemudian ke tepung panir hingga merata. Panaskan Filma Cookie Oil, goreng roti isi sosis keju hingga permukaannya kecoklatan.

3. Zuppa Soup Roti Tawar

Jika biasanya zuppa soup dihidangkan dengan pastry croissant di atasnya, kali ini Anda bisa berkreasi dengan roti tawar sebagai topinya. Bahan yang digunakan untuk membuat zuppa soup roti tawar yaitu susu segar, dada ayam tanpa tulang, tepung terigu, bubuk oregano, bawang putih, bawang bombay, merica bubuk, garam dan gula. Sedangkan untuk bahan kulit, bahan yang dibutuhkan yaitu roti tawar, telur yang sudah dikocok, dan Filma Margarine untuk olesan roti. Untuk membuatnya, cincang bawang putih dan bombay dengan Filma Margarine, masukkan dada ayam, masak hingga matang. Tambahkan terigu, aduk cepat, masukkan susu cair aduk hingga mendidih dan tidak ada gumpalan. Tambahkan bubuk oregano, merica, gula dan garam secukupnya lalu didihkan dan angkat. Tuang cream soup ke dalam mangkuk kecil tahan panas. Oles roti tawar dengan Filma Margarine, beri olesan telur yang sudah dikocok di atasnya. Tutup mangkok berisi cream soup dengan roti, kemudian panggang dengan suhu 250 derajat celcius hingga kecoklatan.

4. Pizza Roti Tawar

Roti tawar juga bisa dikreasikan menjadi pizza. Untuk membuatnya, bahan-bahan yang digunakan yaitu roti tawar, fermipan, susu cair, dada ayam rebus yang dicacah, tomat yang dipotong dadu, sosis sapi, saus barbeque, bawang putih, kecap, keju cheddar parut, minyak sayur. Untuk membuat adonan pizzanya, haluskan roti tawar dicampur susu dan minyak sayur, masukkan fermipan, uleni dan biarkan 30 menit dengan ditutup kain basah. Kemudian, topping dibuat dengan menumis bawang putih yang telah diiris halus, cacahan ayam, tomat, saus barbeque dan kecap, tambahkan gula dan garam. Adonan kulit dicetak ke dalam teflon yang telah diolesi Filma Margarine. Ratakan adonan ke seluruh teflon, lalu tusuk-tusuk dengan garpu. Panaskan di atas kompor dengan api kecil.

Jangan lupa tutup teflon agar matang merata dan tunggu hingga 5 menit. Setelah itu, taburkan topping di atasnya beserta sosis dan parutan keju. Tutup kembali dan panaskan selama 5-10 menit hingga matang.
 
Demikianlah pembahasan mengenai aneka kreasi roti tawar untuk inspirasi bisnis yang bisa Pakarians coba. Sebagai permulaan, Pakarians bisa berkreasi dengan resep-resep di atas atau bisa juga melalui aneka resep yang ada di website Pakaroti. Yang perlu diingat, inovasi itu penting untuk bisnis, termasuk untuk bisnis cake dan bakery sehingga menu yang ditampilkan tidak itu-itu saja dan membuat konsumen kabur. Selain itu, gunakan juga bahan-bahan terbaik untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi yang mampu memikat banyak pelanggan. Selamat berkreasi, Pakarians!

 

Ingin dapat info mengenai resep dan update terkini seputar dunia cake dan bakery? Daftar sekarang juga di sini.

 

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.