Latest Trend


Roti goreng merupakan varian yang dapat dijadikan pilihan untuk ditambahkan ke dalam menu dari usaha yang Pakarians jalankan. Selain ekonomis, roti goreng merupakan produk yang mudah untuk dibuat.

Ingin menghadirkan kreasi baru dalam bisnis bakery? Varian roti goreng bisa menjadi pilihan Pakarians. Jenis roti yang satu ini tak kalah populer dengan jenis roti lainnya. Masyarakat Indonesia memang menyukai beragam jenis roti, mulai dari roti tawar, roti gandum, roti manis, roti baguette atau roti khas Perancis, sampai croissant.

Ada juga jenis roti yang menjadi favorit masyarakat lokal, yaitu roti goreng. Dengan campuran tekstur permukaan yang renyah dan isi yang lembut, kepopuleran roti goreng pun tak kalah dengan jenis roti yang lain. Selain karena rasanya yang enak, roti goreng juga ekonomis dan mudah dibuat. Tidak heran jika roti goreng berpotensi besar untuk dijadikan peluang bisnis. Berniat untuk memulai jenis usaha roti yang satu ini? Yuk, kita simak bahasan lengkapnya di artikel berikut ini!

Kelebihan Usaha Roti Goreng

Salah satu usaha yang banyak meraih keuntungan adalah usaha roti goreng. Jika Pakarians mempunyai bisnis roti, tidak ada salahnya untuk menambahkan varian roti goreng ke dalam menu yang disajikan. Ada banyak alasan mengapa usaha roti goreng cukup berpeluang, di antaranya:

a. Modal yang kecil

Salah satu kendala yang sering dihadapi seseorang untuk mulai berwiraswasta adalah perlunya modal yang besar untuk memulainya. Tetapi, dalam bisnis roti dan kue, hanya dengan ratusan ribu saja Pakarians dapat memulai mencobanya. Hal ini dikarenakan Pakarians hanya perlu membeli bahan baku roti yang harganya tidak mahal dan membuatnya menjadi roti yang layak untuk dijual. Apalagi dengan varian roti goreng, Pakarians bisa menggunakan alat penggorengan yang telah ada tanpa harus membeli oven atau alat pemanggang roti. 

b. Cara Pembuatan yang Mudah

Salah satu kendala yang dihadapi adalah Pakarians merasa tidak berbakat dan tidak memiliki cukup skill untuk membuat roti. Hal ini sebenarnya bukanlah kendala, karena membuat roti dapat dilakukan oleh siapa saja. Roti goreng merupakan varian roti yang mudah dicoba oleh pemula dibandingkan dengan jenis roti lainnya. Pakarians bisa mendapatkan beragam resep dan tips membuat roti di website Pakaroti, salah satunya di artikel yang membahas cara membuat roti manis enak dan empuk. Pakarians juga bisa mengikuti baking course atau workshop bakery untuk menambah pengetahuan dan rasa percaya diri Pakarians. Salah satu sponsor utama kami yaitu Filma dan Palmboom memiliki schedule baking class rutin dalam setahun, dan mendemokan banyak varian resep roti. Untuk info kursus dan demo membuat roti, Pakarians bisa menghubungi email : customercare@smartpluspro.com

c. Pangsa Pasar yang Besar

Kebiasaan ngemil atau makan makanan kecil sangat umum di dalam masyarakat Indonesia. Hal ini bisa menjadi peluang yang memberi keuntungan bagi para pengusaha kuliner, salah satunya contohnya adalah mereka yang berbisnis roti goreng. Roti goreng terkadang diperlukan dalam acara-acara seperti arisan, pesta, seminar atau saat kumpul keluarga. Anak-anak juga memerlukan bekal saat berangkat sekolah dan roti goreng menjadi salah satu pilihan untuk mereka. Atau jika Pakarians kebetulan berjualan di lingkungan sekolah, saat jam istirahat pun anak sekolah umumnya membeli roti dan kue untuk dimakan. Karyawan di kantor pun biasa membeli roti goreng untuk mengisi waktu senggang. Bagi Pakarian yang ingin mempelajari langsung teknik dasar membuat roti dan resep resep menarik lainnya, bisa langsung subscribe di Channel Youtube Pakaroti.

d. Risiko kecil

Untuk roti goreng, apabila belum habis, roti tidak mudah rusak dan masih dapat dijual sampai beberapa hari. Lain halnya dengan makanan basah yang jauh lebih berisiko karena mudah rusak, tetapi bila tidak habis dapat dinikmati untuk keluarga. Ini membuat risiko yang harus ditanggung oleh usaha roti goreng tidak begitu besar. Tetapi, memang diperlukan perhitungan matang agar roti goreng yang dibuat tidak berlebih atau terbuang menjadi terlalu banyak.

Aneka Roti Goreng yang Bisa Menjadi Variasi Bisnis

Untuk menjalankan usaha roti goreng, Pakarians harus menyediakan menu-menu roti yang bervariasi dan inovatif di pasaran. Dengan beragam isi dan topping, roti goreng menjadi lebih variatif dan menggoda lidah konsumen. Apa saja ragam roti goreng yang laku di pasaran?

a. Roti Goreng Wijen

Wijen merupakan salah satu topping yang paling umum digunakan untuk roti goreng. Selain rasa yang nikmat, wijen mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menghasilkan tenaga, serta bagus untuk kesehatan tubuh.

b. Roti Goreng Sosis

Sosis bisa Pakarians manfaatkan sebagai topping atau isian. Sosis pun laris manis di kalangan anak-anak yang menyukai rasa gurih serta mengeyangkan perut. 

c. Roti Goreng Isi Cokelat

Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Produk dari buah cocoa ini menjadi favorit semua kalangan, baik tua maupun muda. Isian cokelat pada roti goreng bisa Anda buat meleleh sehingga begitu nikmat saat disantap. 

d. Donat

Ya, donat juga termasuk varian roti goreng yang menjadi favorit semua orang. Pakarians bisa memanfaatkan varian topping atau isian agar donat semakin nikmat disantap dan menarik perhatian pembeli

e. Roti Bantal

Roti berbentuk segi empat dengan cita rasa manis ini disukai masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pembuatan roti bantal pun juga tergolong mudah, bahannya terdiri dari terigu, air, bahan pengembang dan gula . Roti ini juga terkenal dijual dengan harga yang terjangkau.

Cara Membuat Roti Goreng yang Mudah dan Praktis

Bagi Pakarians yang ingin memulai usaha roti goreng, Pakarians dapat mencoba membuat roti goreng berupa donat. Roti yang selalu nikmat untuk dijadikan camilan ini tidak pernah sepi penggemar. Kali ini Pakaroti akan membagikan resep membuat Donut Goreng yang nikmat dan berkualitas tinggi:

Resep Donut Goreng

Bahan A:

500gr tepung terigu protein sedang + 500 gr terigu protein tingi

150 gula pasir + 11 gr ragi instant

30gr susu bubuk + 5 gr baking powder+ 5gr Bread improver

Bahan B:

1 bt telur

450-475 cc air es

Bahan C:

50gr FILMA Baker’s Cream fat + 100 gr FILMA Prestige Margarine 12 gram

Cara membuat:

- Aduk semua bahan A dan B sampai tercampur merata

- Masukkan bahan C lalu aduk sampai adonan kalis

- Diamkan adonan selama 15 menit

- Timbang @= 50gr atau sesuai selera lalu bulatkan

- Diamkan selama 10 menit lalu dipipihkan dan lubangi bagian tengahnya dengan cetakan bulat (untuk yang bentuk Ring). Sedangkan untuk donat bentuk filling, adonan dipipihkan agak tipis

- Taruh adonan pada loyang yang sudah ditaburi terigu dan diamkan selama 1 jam

- Panaskan FILMA Goodfry Deep Frying Fat sampai temperature 180°C, lalu goreng donat sampai kuning kecoklatan

Untuk menjaga kualitas roti goreng, Pakarians lebih baik menggunakan minyak goreng berkualitas tinggi saat proses penggorengan. Maka dari itu, FILMA Goodfry  bisa menjadi andalan Anda untuk menciptakan produk roti goreng bermutu tinggi. FILMA Goodfry adalah lemak nabati berkualitas tinggi untuk menggoreng khususnya untuk deep fry. Dengan titik asap yang tinggi sehingga stabil pada temperatur yang tinggi, FILMA Goodfry dapat digunakan untuk menggoreng dalam jumlah besar secara berulang-ulang. Tidak heran jika jenis minyak ini sangat cocok digunakan untuk menggoreng roti goreng untuk bisnis Pakarians.

Sebagai pebisnis, Pakarians pun harus cermat menggunakan bahan baku yang ada. Usahakan untuk selalu menggunakan bahan-bahan terbaik agar kualitas yang ada di dalam roti goreng tetap terjaga dan kandungan vitamin di dalamnya tetap banyak.

 

 

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.