Material Encyclopedia

Whipped Cream

Whipped cream adalah cream kocok yang berasal dari lemak susu bagian atas. Proses pengocokan cream dengan menggunakan mixer, whisk atau garpu sampai adonan cream menjadi lembut dan halus.

Kandungan lemak pada Whipped Cream sebesar 30-35%. Untuk lebih meningkatkan rasa, biasanya Whipped Cream diberi rasa vanilla, coklat, coffee, dan lain lain.

Secara bentuk, Whipped Cream yang ada di pasaran ada 3 jenis, berbentuk bubuk, cair, dan siap pakai. Versi bubuk dan cair harus dikocok terlebih dahulu untuk menghasilkan Whipped Cream, sementara versi siap saji tinggal disemprotkan saja dan biasanya dikemas dalam tabung bertekanan. Untuk menghasilkan Whipped Cream dari bentuk bubuk harus dicampur dengan air dingin atau susu cair dingin sebelum dikocok.

Whipped Cream juga hadir dalam versi non-dairy yang tidak mengandung lemak susu. Umumnya dibuat dari minyak nabati yang diberi pemanis, emulsifier, dan stabilizer, kandungan yang mirip dengan margarin. Rasanya lebih manis dibandingkan versi dairynya, namun cenderung tidak gurih karena tidak mengandung lemak susu.

Whipped Cream non-dairy lebih kokoh dan tahan lama di suhu ruang sehingga lebih banyak digunakan untuk keperluan dekorasi. Sedangkan versi dairy lebih cepat mencair di suhu ruang, namun lebih kaya rasa.