Material Encyclopedia

Coklat Putih

Pada proses pengolahan biji coklat, lemak coklat dipisahkan dari struktur padat biji coklat untuk kemudian diolah lebih lanjut dengan menambahkan gula, susu, vanilla dan sebagainya. Selanjutnya kandungan padat coklat kembali ditambahkan untuk memperoleh cita rasa dan warna khas coklat.

Pada coklat putih, kandungan padat coklat tidak kembali ditambahkan ke dalam lemak coklat. Karakteristik lemak coklat yang mampu memadat dalam suhu kamar sudah cukup untuk menjaga coklat putih sesuai bentuk yang diinginkan. Karena tidak ada kandungan padat coklat maka coklat putih berwarna putih gading dan tidak memiliki cita rasa khas coklat. Selain itu coklat putih juga tidak memiliki antioksidan yang terdapat pada coklat biasa, seperti theobromine, thiamine, riboflavin, dan phenyl ethylamine

Karena warnanya yang putih gading dan tidak lumer di suhu kamar, coklat putih umumnya digunakan sebagai bahan dekorasi kue, walaupun tak jarang pula dijadikan campuran bahan utama.

Coklat putih berbentuk batangan padat dan untuk mencairkannya hanya butuh suhu sekitar 40°C, sedikit lebih panas dari suhu tubuh manusia. Karena itu untuk mencairkan coklat putih, gunakan metode tim. Letakkan mangkuk stainless berisi potongan kecil coklat putih ke dalam panci berisi air panas, dan biarkan sampai mencair seluruhnya.