Latest Trend

BAKERS WAJIB TAHU! BAHAN-BAHAN INI BISA MEMBUAT PERMUKAAN ROTI ANDA MENGKILAP

bakers

Aroma roti yang harum, barisan kue dengan dekorasi yang lucu, serta deretan roti berwarna cokelat mengkilap sangat menyita perhatian ketika berkunjung ke sebuah toko roti. Susunan roti yang berwarna cokelat mengkilap  sangat menggoda untuk disantap.

Ada kalanya kita tertarik dengan sebuah roti bukan karena aromanya yang wangi atau rasanya lezat, tetapi lebih karena tampilannya yang menggoda. Roti yang masih berasap dengan permukaan kulit yang berwarna cokelat keemasan sangat terlihat mengkilap dan cantik. Penampilan roti yang menawan ini menjadi daya tarik utamanya.

Lalu bagaimana agar roti bisa terlihat mengkilap dan cantik? Ada beberapa bahan mudah yang bisa digunakan sebagai olesan di permukaan roti. Olesan inilah yang nantinya akan membuat roti terlihat mengkilap dan terkesan mewah.

  1. Telur

Praktis, mudah, dan sangat bermanfaat. Telur merupakan bahan paling mudah didapatkan yang bisa membuat roti Anda menjadi mengkilap ketika setelah dipanggang. Oleskan telur pada roti tepat sebelum Anda memanggang. Jika Anda menggunakan kuning telurnya saja, roti akan berwarna mengkilap kuning keemasan. Namun jika Anda tidak ingin rasa telur terlalu dominan pada roti, Anda bisa mencampurkan kocokan telur dengan 1 sdm air agar rasa telur tidak terlalu dominan.

  1. Gula Halus

Gula juga bisa menjadi pilihan baik untuk mempercantik adonan roti. Cukup dengan memanaskan gula hingga terkaramelisasi, kemudian oleskan karamel tersebut pada permukaan roti. Disarankan menggunakan gula halus agar lebih mudah larut dan dapat terkaramelisasi dengan baik.

  1. Madu

Jangan salah, madu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengkilapkan roti. Sebelum dioleskan, madu harus dipanaskan terlebih dahulu dengan microwave selama 30 detik. Bisa juga dicampurkan dengan air hangat agar tidak terlalu kental. Namun yang harus diperhatikan, aplikasi madu sebagai bahan mengkilapkan roti digunakan saat roti sudah keluar dari oven.

  1. Minyak Zaitun

Kalau yang satu ini, dapat digunakan untuk jenis roti savory. Breadstick, pizza, atau roti pita biasanya menggunakan minyak zaitun sebagai penambah aroma dan rasa. Tidak hanya aroma, minyak zaitun dapat membuat roti savory Anda menjadi lebih mengkilap dan terlihat gurih. Minyak zaitun dioleskan tepat sebelum roti tersebut dimasukkan ke dalam panggangan.

  1. Margarin

Margarin menjadi salah satu bahan terbaik yang bisa digunakan untuk mengkilapkan roti atau kue. Hal ini dikarenakan karena selain memberikan warna yang bagus, margarin juga memberikan wangi dan aroma yang mampu menggugah selera. Bedanya dengan telur, margarin memberikan warna dengan komposisi yang pas, tidak terlalu kuning namun tetap mengkilap dengan indah. Margarin sebelumnya harus dilelehkan terlebih dahulu, kemudian dioleskan pada permukaan kue atau roti ketika sudah setengah dipanggang. Disarankan Anda menggunakan margarin berkualitas tinggi seperti FILMA Prestige Margarine dari PT SMART Tbk agar hasil panggangan Anda menjadi lebih cantik. FILMA Prestige Margarine sendiri merupakan margarin berkualitas tinggi yang memiliki kandungan butter blend, sehingga selain membuat roti menjadi mengkilap cantik juga membuat roti Anda lebih wangi dan terasa lezat

Tidak hanya soal rasa, presentasi produk juga merupakan hal yang harus diperhatikan dengan baik. Roti-roti yang disusun di etalase atau rak paling depan merupakan presentasi terpenting dari produk usaha Anda. Susunan roti yang rapi, tata cahaya yang baik serta penampilan roti yang mengkilap akan menimbulkan daya tarik bagi konsumen untuk setidaknya sekedar berkunjung.

Gunakan tips diatas agar roti Anda semakin menarik dan meningkatkan kualitas produk Anda. Produk yang berkualitas tinggi tentu akan dengan sendirinya mendapatkan tempat di hati konsumen.

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.