MERRY CAKE

MERRY CAKE, JATUH BANGUN PERJUANGAN YANG BERBUAH MANIS

Merry Cake, merupakan bukti nyata bahwa tidak ada yang mustahil dalam dunia usaha jika dijalani dengan ulet, jujur, dan pantang menyerah.

Uun Suni merupakan pendiri serta pemilik usaha Merry Cake yang berlokasi di Cirebon. Usaha yang sudah berdiri selama 10 tahun ini berawal  dari hobi Uun Suni - atau yang biasa dipanggil Uun- mencicipi kuliner-kuliner yang lezat. Hal ini menginspirasi dia untuk tidak hanya menjadi penikmat kuliner namun juga bisa menciptakan hidangan yang lezat juga.

Pada dasarnya Uun belajar secara otodidak, tidak pernah mengambil kursus atau pendidikan baking professional, ia hanya sering mencoba berbagai resep yang ada di majalah atau koran. Seiring waktu berjalan, Uun mulai mengikuti baking demo salah satunya yang diadakan oleh PT SMART Tbk di Cirebon.

Berbekal ilmu otodidak serta pengalaman menciptakan kue, Uun pun memberanikan diri untuk memulai usaha bakery nya sendiri. Merry Cake adalah label usaha yang didirikannya sejak 10 tahun lalu. Tidak pernah disangka, usaha yang awalnya coba-coba dapat bertahan hingga 10 tahun.

Salah satu teknik pemasaran utama dari Merry Cake adalah bekerjasama dengan toko swalayan atau mini market. Uun mensuplai kue kering di beberapa wilayah Jawa Barat seperti Kuningan, Cirebon, Indramayu, dan Majalengka.

“Saya bekerjasama dengan mini market untuk memasarkan kue kering seperti Nastar, Kaastengels, dan Putri Salju di wilayah 3 Cirebon yang mencakup Kuningan, Indramayu, dan Majalengka” ujar Uun

Jenis-jenis kue yang dijual oleh Merry Cake tidak hanya kue kering, ia juga menerima pesanan pembuatan kue bolu dan kue ulang tahun.

TANTANGAN TERBESAR MERRY CAKE

Salah satu tantangan terbesar Merry Cake adalah mengenai tenaga pemasaran. Diakui oleh Uun, pada awalnya sangat sulit memasarkan produknya karena kekurangan tenaga pemasaran, hal ini juga terkadang membuat Uun sampai menangis karena lelah dan putus asa. Namun seiring waktu berjalan, Uun sendiri sudah merasa lebih kebal dan pelan-pelan mampu mengatasi tekanan.

“Saya awalnya suka nangis kalau gagal, karena capek juga gitu ya memasarkan sendirian. Tapi makin kesini saya sudah lebih kebal dan hasilnya sekarang kelihatan” kenang Uun.

Salah satu solusi mengenai pemasaran adalah dengan menggunakan sosial media serta e-commerce. Uun juga memasarkan beberapa produknya melalui Facebook dan beberapa website E-commerce.

 

MERRY CAKE

Dalam setiap pembuatan kue nya, Uun selalu menggunakan Palmboom Cake Margarine. Uun pun memiliki kisah unik tersendiri dibalik penggunaan Palmboom sebagai margarine utamanya. “Awalnya saya hanya mengenal 1 merek margarine selama 4 tahun dan tidak mau coba yang lain. Suatu hari saya datang ke SIAL Interfood, disitu saya kenalan dengan beberapa orang dari PT SMART Tbk. Kemudian, saya dikirimin Palmboom Cake Margarine untuk dicoba. Akhirnya saya coba bikin kue yang sama dengan dua margarine yang berbeda, saya berikan tanda khusus ditoplesnya buat pembanding. Ternyata memang rasa yang lebih enak yang menggunakan Palmboom, dan jumlah retur nya juga menurun jauh” Cerita Uun

MERRY CAKE

Uun juga menggunakan Palmvita dan Filma BOS. “Saya juga pake Filma BOS kalau bikin roti. Hasilnya emang betul bikin lembut dan awet banget, jadi ga perlu pake pengawet tambahan. Bahkan bisa sampai 4 hari, tapi untungnya 2 hari sudah laku duluan sih hehe…” cerita Uun.