News


 

 

PT Smart Tbk kembali menggelar program pelatihan membuat berbagai roti dan kue. Kali ini, PT Smart Tbk bekerja sama dengan CV Andalan Utama mengadakan Kursus Hands On di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Selain meningkatkan kreatifitas dalam membuat roti untuk para pebisnis bakery atau UKM, acara ini sekaligus bertujuan untuk memperkenalkan produk baru PT Smart Tbk, yakni Palmboom Cake Margarine.

Dalam acara ini, peserta melakukan praktek langsung cara membuat adonan serta berbagai macam roti, yang dipandu oleh Senior Technical Baker PT Smart Tbk, Chef Koko Hidayat. Dalam kursus yang berlangsung selama 8 jam di Hotel Le Grandeur. Chef Koko bersama timnya berbagi tips dan trik untuk menghasilkan roti yang sempurna

Chef Koko mengatakan, hal terpenting dalam membuat roti yakni pemilihan dasar bahan terigu serta proses pembuatannya. Tak hanya mengikuti resep, peserta juga harus telaten dan sabar untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Peserta kursus diajarkan untuk membuat dasar roti manis ekonomis, dasar roti manis ala bakery, roti keset, roti tawar pelangi, 10 macam isian roti, 10 macam topping roti, serta 10 macam bentuk roti. Selain itu, peserta juga diajarkan membuat Roti Rainbow dan Charcoal, kedua jenis roti tersebut sedang naik daun di wilayah Pulau Jawa. Roti Rainbow yang diajarkan memiliki permukaan berwarna cokelat namun bagian dalam berwarna-warni dan bertekstur lembut tanpa rongga udara. Bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat mudah didapatkan.

 

 

Pada kesempatan tersebut, Chef Koko juga berbagi tips untuk menikmati roti. Ia mengatakan sebaiknya jangan memakan roti yang baru saja dikeluarkan dari oven dalam kondisi masih panas, karena tidak baik bagi lambung, terutama bagi penderita maag.

Antusias peserta pada kursus Hands On ini, terbukti 45 total undangan seharga Rp. 1.1 juta Rupiah yang terjual habis, bahkan pada saat acara akan di mulai masih ada 2 orang peserta yang mendaftar meski quota sudah habis. Hal ini tentu menjadi penyemangat Chef Koko dan team untuk memberikan tips tips jitu dalam membuat roti.

Peserta memberikan respon positif terhadap materi yang disampaikan dengan terlibat tanya jawab yang interaktif. Tak hanya dari kota Balikpapan, para peserta hadir dari berbagai daerah seperti Batulicin, Tanah Grogot, Penajam, Tenggarong, Samarinda, bahkan Malinau, Kalimantan Utara.

Misalnya Ibu Muznah Ahmad, beliau seorang diri berangkat dari Malinau, Kalimantan Utara demi pengalaman pertamanya mengikuti pelatihan membuat roti. Perempuan berusia 60 tahun ini sangat tertarik mengetahui cara membuat berbagai isi roti.

“Materi sangat menarik dan menambah pengalaman saya,” ujar Ibu Muznah.

Lain halnya dengan Hernawaty, peserta yang datang dari kota Minyak. Ia selalu mengikuti kursus Hands On sejak tahun 2011. Ia merasa senang mendapat pengalaman dan ilmu baru dalam membuat roti maupun kue.

“Saya pulang dengan bangga, membawa roti lezat nan cantik hasil karya sendiri,” ujar Hernawaty.

Dalam acara tersebut, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 peserta dan dipandu oleh seorang chef, sehingga semua peserta dapat mempraktekkan cara membuat roti dengan baik dan benar.

Setiap kelompok diminta untuk membuat satu resep roti manis ekonomis, satu resep roti manis ala bakery, satu resep roti tawar rainbow, lima macam isian roti serta dua macam topping roti.

Selama acara berlangsung, tentu saja ada discount khusus untuk pembelian produk produk PT SMART Tbk yang bisa di dapatkan para peserta. Setelah merasakan manfaatnya, banyak peserta yang mengharapkan kursus Hands On ini dilaksanakan secara rutin. Manfaat yang dirasakan antara lain, munculnya ide-ide baru dalam pembuatan roti.

Selain itu, bagi peserta yang mengikuti program ini dapat menginspirasi, meningkatkan daya kreativitas untuk menghasilkan panganan roti yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan income mereka.

Acara ini terselenggara dengan baik berkat dukungan PT Sangaru Ratu Boga, PT Gandum Mas Kencana, Prims Food, serta PT Mulya Boga Raya.

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.