Latest Trend


Percantik Produk Dengan Kemasan Menarik

 

 

Dalam bisnis kuliner seperti bakery dan pastry, mengandalkan cita rasa dan kualitas produk saja belum cukup. Seringkali kemasan ikut menentukan penjualan.

Sebagian pebisnis mungkin hanya mengutamakan variasi dan kualitas produknya saja untuk meraih pangsa pasar. Dalam bisnis kuliner, selain kualitas biasanya cita rasa yang diunggulkan, namun masih banyak yang mengesampingkan bagaimana mengemas produknya dengan menarik. Kemasan hanya digunakan untuk melindungi produk dari kerusakan saat dibawa dari toko menuju ke rumah.

Padahal, fungsi packaging bisa lebih dari itu.Jika dibuat dengan konsep yang unik dan didesain secara menarik, kemasan produk bakery dan pastry bisa membantu menarik pelanggan lebih banyak lagi. Sebab, kecenderungan konsumen saat ini, mereka lebih tertarik dengan produk yang dikemas dengan menarik, terutama konsumen yang belum pernah membeli produk tersebut sebelumnya.

Hal ini diperkuat oleh laporan The Association for Packaging and Processing Technologies yang melakukan riset tahun lalu. Seperti dikutip dari BakingBusiness.com, asosiasi yang bermaskas di Amerika Serikat tersebut menemukan bahwa pasar bagi penjualan retail kemasan siap pakai semakin berkembang dan akan terus meningkat. Penyebabnya adalah semakin banyaknya penjual produk retail yang mencari kemasan paling efisien untuk produk-produk mereka.

Efisiensi kemasan biasanya dilihat dari bagaimana packaging itu bisa melindungi produk dengan baik, mudah dibawa dan tidak mudah rusak. Selain itu, kemasan makanan seperti bakery dan pastry juga harus menarik baik dari bentuknya maupun desainnya. Mengingat banyaknya penjual dengan produk yang sama, desain yang menarik sangat penting untuk memikat pelanggan dan membedakan dari produk lain.

Apalagi, saat ini kemasan seperti sudah menjadi bagian dari lifestyle. Semakin banyak konsumen yang mencari produk dengan desain kemasan yang unik dan menarik. Biasanya produk dengan kemasan menarik dibeli sebagai bingkisan untuk kerabat atau kolega. Tak jarang pula yang menjadikan kemasan tersebut sebagai koleksi.

Hal ini diakui oleh pemiliki Nami Bakery, Evelyn Listya Atmaja. Menurut Evelyn, saat ini bakery berbondong-bondong memberikan konsep lifestyle dengan berbagai keunikannya. Namun, konsep tersebut kebanyakan diterapkan hanya pada produknya saja. Sementara, untuk konsep kemasan masih belum banyak diperhatikan.

“Oleh sebab itu, di sini kami buat Nami Bakery bukan hanya unggul di produknya tapi juga kemasan yang unik, karena saya lihat belum banyak bakery yang berfokus pada kemasan,” ungkap Evelynseperti dikutip dari BakeryMagazine.com.

Pakarians juga memiliki kesempatan yang besar untuk meraup untung dari produk yang dikemas dengan menarik. Jangan lupa memerhatikan unsur efisiensi seperti penggunaan bahan kemasan yang tidak mudah merusak produk. Misalnya, Anda bisa menggunakan kemasan dari kaleng yang didesain dan diberi warna menarik untuk produk premium. Umumnya kemasan kaleng bisa membuat produk seperti cookies lebih tahan lama sebab bisa ditutup rapat kembali setelah dibuka.

 

Untuk desain, Pakarians juga harus kreatif menciptakan corak-corak yang menarik. Sebagai referensi, Anda bisa mencarinya di internet. Perhatikan juga momen-momen penting setiap tahun agar Pakarians bisa menyesuaikan tema kemasan dengan momen yang sedang berangsung seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, Imlek dan Hari Valentine.

Sudah punya ide desain kemasan untuk produk Pakarians? Jika sudah, berarti Anda sudah siap meraih untung lebih. Selamat berkreasi.

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.