Latest Trend


Melihat Kreasi Kue Dengan Variasi Buah

https://previews.123rf.com/images/leekris/leekris1508/leekris150800035/43901174-Homemade-cream-cake-with-peaches-and-cherries-Stock-Photo.jpg

 

Di era modern, kreasi kue kini semakin banyak variasi. Begitu banyak jenis dan kreasi yang dihasilkan dengan bahan-bahan yang variatif. Salah satunya adalah buah. Buah kini tidak hanya sebagai pelengkap semata, namun buah sudah bisa menjadi pilihan rasa utama dalam pembuatan kue.

Rasa buah yang segar dan eksotis kini mulai sering dikombinasikan dengan cake sehingga menghasilkan rasa manis dan segar. Menambahkan buah-buahan ke dalam adonan kue tidak hanya mampu memperkaya rasa. Buah-buahan tersebut menjadikan kue sebagai kudapan yang jauh lebih sehat.

Mengkombinasikan buah ke dalam kue tidak bisa sembarangan. Kita perlu mengetahui karakteristik dari buah-buah tersebut. Karakteristik yang berbeda ini nantinya akan menentukan dalam teknik penggunaan dan juga pengolahan buah-buah tersebut bersama bahan-bahan kue lainnya dan pada akhirnya akan menentukan hasil akhir dari cake atau kue.

Chef Lenny Limiyati, Brand Ambassador untuk Palmboom Margarine, mengatakan pada dasarnya kita bisa mengkreasikan aneka buah, baik itu buah kering maupun buah segar ke dalam aneka cake ataupun kue. Namun tetap harus memperhatikan jenis buah yang akan digunakan agar tidak salah fungsi.

"Pertama yang paling penting adalah mengetahui karakteristik dari buah yang akan digunakan dalam cake ataupun kue itu sendiri," ujar Chef Lenny.

Karakteristik buah sendiri bermacam-macam baik dari sisi rasa, warna alami buah, tekstur buah, dan lain sebagainya. Nantinya karakter buah inilah yang menentukan teknik penggunaan dan juga pengolahan buah-buah ini kedalam kue.

"Misalnya alpukat. Buah ini tidak bisa kita masukan dalam adonan panas ataupun di atas api mendidih karena warnanya akan berubah menjadi coklat," jelas Chef Lenny

Beberapa buah juga memiliki sifat yang lebih fleksibel seperti mangga, nanas, dan juga umbi-umbian. Fleksibel disini dalam artian tidak memerlukan penanganan khusus dan dapat dipadukan dalam adonan panas.

"Umbi-umbian juga cukup fleksibel, mereka ini bisa dihaluskan, dimasak, dan dikukus. Cocok untuk dijadikan sponge cake," tambah Chef Lenny.

Selain harus memperhatikan karakteristik dari buah-buahan yang akan digunakan, tujuan dari penggunaan buah-buahan tersebut juga harus diperhatikan. Apakah akan digunakan sebagai topping, isian kue atau cake, mousse, pudding, dan lain sebagainya.

“Misalnya saja untuk mousse, akan lebih cocok dengan menggunakan buah-buahan dengan rasa manis yang kuat, seperti durian, kelengkeng, maupun alpukat. Sementara untuk buah dengan rasa asam akan lebih pas untuk dikreasikan menjadi puding,” tambah Chef Lenny.

Pada acara Grand Baking Demo 2017 yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara, Chef Lenny memperkenalkan salah satu kreasi fruit cake antara lain Lapis Durian dan Markisa Cake. Durian dan Markisa dipilih Chef Lenny karena kedua jenis buah tersebut merupakan buah khas Medan. Kedua jenis buah ini juga memiliki karakteristik yang cukup kuat, baik dari sisi rasa, aroma, maupun warna asli buah.

Lapis Durian sejatinya merupakan lapis legit dengan rasa durian. Hidangan ini terasa sangat istimewa dan sangat berpotensi menjadi oleh-oleh khas Medan. Hal ini mengingat kota Medan cukup identik dengan hidangan durian seperti Pancake Durian.

Markisa Cake memiliki tampilan yang sangat cantik. Perpaduan warna orange, putih, serta tekstur yang lembut menjadikan cake ini memiliki dekorasi alami yang sangat menarik. Markisa Cake ini terdiri dari bagian cake, mousse, dan jelly yang semuanya memiliki karakter rasa asam-manis yang menyegarkan dan sangat cocok sebagai kudapan pendamping teh ataupun kopi.

Chef Lenny juga menekankan pentingnya pemilihan bahan baku yang berkualitas. Memilih buah juga tidak boleh sembarangan, harus yang fresh agar rasa yang dikeluarkan juga terasa segar.

"Penggunaan bahan-bahan selain buah, seperti margarin juga harus diperhatikan. Karena margarin yang berkualitas akan memberikan aroma yang lezat dan hasil yang baik," tambah Lenny.

Sebagai bakers, tentu penting bagi kita untuk mengetahui berbagai macam karakter buah agar menghasilkan kue yang sempurna. Ternyata memang tidak bisa sembarangan dalam mengolah buah untuk dijadikan variasi dalam kue. Bahkan tidak semua buah dapat dikombinasikan dalam kue. Ada yang hanya bisa menjadi pudding atau mousse.

Manjakan lidah konsumen Pakarians dengan variasi cake buah yang segar dan lembut. Hal ini tentu bisa menjadi pilihan menarik bagi pelanggan. Selamat mencoba!

 

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.