Latest Trend


milk

 

Sebagai seorang baker, penting untuk mengetahui alternatif bahan pengganti susu. Hal ini sangat membantu entah ketika Anda tiba-tiba kehabisan susu atau mencari pengganti susu karena sedang diet.

Susu merupakan salah satu unsur penting ketika membuat kue. Susu berperan sebagai cairan untuk melarutkan bahan-bahan lain pada adonan roti dan kue. Selain memberikan kelembaban, susu juga memiliki fungsi untuk mengikat gluten dalam adonan, meningkatkan daya serap air, dan tentu saja menambah rasa.

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengganti susu adalah dengan menggunakan produk dairy lainnya. Lalu apa saja produk dairy yang bisa digunakan untuk menggantikan susu?

Krim
Krim bisa digunakan untuk menggantikan fungsi susu ketika membuat kue. Baiknya krim dicampur air dengan komposisi 60% krim dan 40% air sehingga adonan tidak menjadi berat.

Susu Evaporasi
Susu evaporasi adalah susu yang 60% kadar airnya dihilangkan dari susu segar. Karena hitungannya masih termasuk susu, secara mudah Anda cukup mencampur 50:50 antara susu evaporasi dan air sebagai pengganti susu. Bahan ini bisa digunakan di hampir semua resep.

Yogurt
Di beberapa resep, yogurt hambar dapat digunakan sebagai pengganti bahan susu. Harus dicatat, yogurt yang digunakan harus yang hambar atau tidak ada rasa. Karena tekstur yogurt yang cukup tebal, air yang digunakan hanya untuk mengencerkan yogurt tersebut agar tidak terlalu kental. Namun perlu diingat, yogurt yang memiliki rasa asam alami dapat berpengaruh terhadap kue. Anda dapat mengatasinya dengan menambahkan sedikit pemanis.

Susu Bubuk
Alternatif yang paling mudah dengan menggunakan susu bubuk. Hampir tidak ada yang berbeda kecuali bentuknya (yang tentu saja bubuk), susu bubuk dapat menjadi pengganti yang sepadan untuk pembuatan kue. Cukup mengikuti instruksi yang ada di petunjuk pemakaian, Anda bisa langsung menggunakannya di adonan kue.

Pilihan Produk Non-Dairy
Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan produk non-dairy. Produk non-dairy sering dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet atau menghindari produk yang mengandung lemak. Selain untuk diet, produk non-dairy juga baik untuk pencernaan.

Susu Kacang
Saat ini rasanya sudah tidak sulit untuk mencari produk susu kacang, berbagai macam variasi sudah tersebar luas di toko grosir. Pilihannya pun bermacam, ada susu almond, susu almond, susu kacang mede dan masih banyak lainnya. Jenis susu ini dapat menjadi alternative untuk pengganti bahan susu pada kue.

Hal yang harus diperhatikan, susu kacang ini tentu membawa aroma dan rasa yang khas. Anda harus pintar mencari kombinasi rasa yang sesuai dengan kue yang sedang dibuat. Pilih jenis susu kacang yang aroma dan rasanya dapat menyatu dengan kue yang Anda buat.

Susu Kacang Kedelai
Jenis susu ini merupakan jenis susu kacang yang dapat digunakan langsung pada adonan sesuai dengan kuantitas yang diperlukan. Dengan kata lain, susu kacang kedelai dapat menggantikan susu biasa dengan kualitas dan hasil yang tidak jauh berbeda. Namun yang perlu diperhatikan adalah untuk menggunakan susu kacang kedelai yang tidak menggunakan atau minim gula agar adonan yang dihasilkan tidak terlalu manis

Tidak hanya sebagai bahan pengganti, mungkin bahan-bahan diatas justru bisa menjadi variasi adonan kue Anda. Dengan banyaknya pilihan yang ada, Anda dapat dengan bebas berkreasi dengan adonan kue. Satu hal yang perlu dicatat adalah, berbeda jenis susu yang digunakan tentu menghasilkan rasa yang berbeda juga. Sebaiknya bahan alternatif yang dipilih juga sesua dengan bahan-bahan kue yang sedang diguanakan.

Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk kehabisan susu ‘kan?

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.