Latest Trend


Half Baked Bread

Copyright @Pakaroti

Half Baked Bread adalah adonan roti yang dipanggang setengah matang untuk selanjutnya dibekukan. Dalam keadaan beku, roti ini bisa bertahan lama sehingga cocok untuk kebutuhan stok toko bakery atau pelanggan yang tak ingin repot bolak-balik membeli roti siap makan.  Jika hendak dikonsumsi, Half Baked Bread harus kembali dipanggang hingga matang sempurna.

Half Baked Bread sangat berguna bagi pengusaha bakery karena tak perlu repot mengolah adonan. Menyediakan Half Baked Bread agar toko Pakarians semakin lengkap akan sangat menguntungkan karena selain lebih variatif, kuantitas produk yang dibeli pelanggan juga bisa semakin banyak.

Umumnya, toko roti saat ini hanya menjual produk-produk roti yang siap makan saja. Semua sudah dipanggang hingga matang dan dipajang di etalase. Pelanggan bisa langsung mengkonsumsi setelah membelinya tapi harus cepat dihabiskan sebab produk makanan seperti roti tidak bertahan lama, maksimal hanya 3 sampai 4 hari. Jika setelah itu pelanggan menginginkan jenis roti yang sama, maka ia harus kembali ke toko roti tadi. Maka, biasanya produk yang dibeli jumlahnya hanya beberapa, sesuai dengan kebutuhan di hari itu saja.

Masalahnya, jika kebetulan toko roti favorit pelanggan tersebut jaraknya jauh dari rumah, tentu akan menyulitkan. Apalagi, kebanyakan toko roti tidak memiliki layanan pesan antar layaknya restoran cepat saji ternama. Jika Pakarians menjalankan bisnis bakery artisan atau menjual produk khas yang tidak dijual di toko bakery lainnya, ada baiknya memikirkan kesulitan para pelanggan setia yang kediamannya jauh dari toko Anda. Salah satunya dengan menjual Half Baked Bread atau produk roti setengah matang.

Beberapa jenis produk yang bisa dijual dalam kategori Half Baked Bread antara lain French Bread, Croissant dan Pizza. Adonan kulit Pizza setengah matang dapat diolah sendiri oleh pelanggan menjadi berbagai jenis Pizza. Sebab, pelanggan hanya tinggal membubuhkan sejumlah bahan lain ke atas kulit Pizza sesuai selera.

Half Baked Bread

Copyright: @Pakaroti

Berikut ini bahan yang mudah dibuat untuk isi dan saus Pizza:

  • Daging cincang.
  • Sosis sapi atau ayam dipotong tipis.
  • Bawang bombay dicincang halus.
  • Tomat dipotong tipis.
  • Parika dicincang kotak-kotak .
  • Bawang putih.
  • Minyak zaitun.
  • Daun bawang dicincang halus.
  • Keju sesuai selera.
  • Saus tomat secukupnya.

Caranya, tumis bawang bawang putih, bawang Bombay, sosis, tomat, telur, dan paprika hingga harum. Kemudian tambahkan irisan daun bawang lalu angkat. Ambil adonan Pizza, tusuk dengan garpu di seluruh permukaannya agar adonan mengembang. Beri saus tomat dan minyak zaitun di atasnya. Setelah rata, taburkan  bahan isian lain di atasnya hingga merata. Taburi dengan keju lalu panggang dengan suhu 200 °C selama 7 hingga 10 menit. Setelah dipanggang, Pizza pun siap dinikmati.

Menurut Master Baker PT SMART Tbk Koko Hidayat, Half Baked Bread adalah roti yang diolah dengan teknik par baking, yaitu memanggang adonan hingga 70% dari waktu pemanggangan normal. Tujuannya hanya untuk mematikan ragi dan menghentikan proses fermentasi sehingga adonan berhenti mengembang. Setelah itu, adonan dibekukan di dalam freezer agar tahan lama.  Adonan yang sudah menjadi Half Baked Bread itu bisa bertahan hingga satu tahun dalam keadaan beku.

Dengan menjual Half Baked Bread, para pelanggan setia di toko Pakarians bisa membeli produk favoritnya dalam jumlah banyak sebagai stok untuk disimpan di rumah sehingga tak perlu bolak-balik menempuh perjalanan jauh. Tapi, karena baru setengah matang, pelanggan harus kembali memanggangnya sebentar sebelum dikonsumsi hingga roti tersebut matang sempurna.

Selain kulit Pizza, Pakarians juga bisa menjual produk roti manis sebagai Half Baked Bread namun harus diperhatian isian roti tersebut. Jangan menggunakan isian yang mudah basi untuk Half Baked Bread seperti pisang dan buah basah lainnya, tapi gunakan buah-buahan kering seperti kismis.

Akan lebih baik jika Pakarians memberikan petunjuk pemanggangan pada kemasan setiap produk Half Baked Bread. Sebab, memanggang roti tentu akan berbeda prosesnya dengan memanggang Pizza. Dengan demikian pelanggan akan mendapatkan hasil produk yang kualitasnya sama dengan roti siap makan yang Anda jual di toko.

Yang pasti, omzet toko Pakarians akan bertambah karena pelanggan setia akan semakin banyak membeli produk untuk dijadikan stok, dibandingkan dengan bakery yang sudah matang.

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.