Latest Trend


Pikat Pelanggan Dengan Inovasi Mash Up Bakery Yang Kaya Rasa

Guyanese Lemon Cake
Foto: @Pakaroti

Beragam cara dilakukan baker untuk mendapatkan tampilan kue yang menarik. Salah satu teknik yang bisa Pakarians gunakan adalah steam buttercream agar produk kue terlihat lebih mulus.

Teknik steam buttercream biasa digunakan untuk produk-produk Cake dan Cupcake. Jika di toko Anda juga menjual Cake dan Cupcake, jangan sampai melewatkan teknik dekorasi yang satu ini. Sebab, beberapa tahun terakhir, Cake maupun Cupcake yang dilapisi dengan coatingsteam buttercream cukup populer.

Menurut Master Chef Koko Hidayat dari PT SMART, fungsi steam buttercream ini mirip dengan glazing, yaitu melapis tubuh Cake menjadi lebih indah dipandang mata sekaligus lebih manis. Tampilan lapisan steam buttercream memang tidak semengkilap seperti glazing karena bahan yang digunakan sama seperti lapisan buttercream biasa.

Namun, hasilnya kue akan terlihat lebih mulus dan rapi dibandingkan jika dilapis dengan buttercream biasa karena prosesnya berbeda. Melapis Cake dengan buttercream biasa harus dilakukan secara manual menggunakan spatula. Sementara, dengan teknik steam buttercream, lapisan buttercream hanya dituangkan ke atas kue.

Perbedaan lain antara kedua teknik tersebut, untuk melapis Cake dengan steam buttercream bahan-bahannya yang sudah diolah harus dilelehkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan. Sementara, pada teknik melapis dengan buttercream biasa tidak perlu dilelehkan. Berikut ini langkah-langkah membuat steam buttercream:

  1. Siapkan Cake yang akan dilapis steam buttercream. Potong bagian sudut Cake agar tidak terlalu lancip. Tujuannya, agar steam buttercream yang nantinya dituangkan ke atas Cake dapat mengalir dengan mudah ke bagian bawah.
  2. guyanese cake buttercream

    Foto: bakingproject.com


  3. Kocok FILMA Shortening atau FILMA Baker’s Fat, gula cair dan susu kental manis di dalam wadah plastik yang bagian bawahnya direndam air panas. Kocok selama 3-10 menit hingga meleleh namun tidak terlalu cair.
  4. filma shortening atau baker's fat

    Foto: bakingproject.com

  5. Tuangkan steam buttercream ke atas Cake.Harus diingat, sebelumnya Cake perlu dilapis tipis dengan buttercream biasa agar steam buttercream melekat dengan sempurna di atas permukaan Cake. lalu tuangkan secara perlahan hingga bahan steam buttercream menutupi permukaan kue secara keseluruhan.
  6. filma shortening atau baker's fat

    Foto: bakingproject.com

  7. Diamkan beberapa menit hingga lapisan steam buttercream mengeras.
  8. lapisan filma stream buttercream mengeras

    Foto: bakingproject.com

Sementara, untuk Cupcake Anda hanya perlu mencelupkan bagian atas kue tersebut ke dalam steam buttercream.  

Yang harus diingat adalah, jangan menggunakan wadah yang terbuat dari stainless steel untuk melelehkan campuran bahan steam buttercream. Sebab, wadah stainless steel akan membuat bahan steam buttercream terlalu cair saat dipanaskan. Pilih wadah plastik agar lelehan steam buttercream tidak terlalu cair.

Pakarians bisa menggunakan lapisan steam buttercream untuk semua jenis Cake. Steam Buttercream Cake akan sangat menarik dipajang di etalase toko jika di variasikan dengan warna-warna yang menarik. Misalnya, Anda bisa memajang Talas Steam Cake yang didominasi warna ungu lalu disandingkan dengan Guyanese Lemon Cake yang berwarna kuning cerah di sebelahnya.

Steam buttercream juga sangat menarik saat diaplikasikan pada Wedding Cake dan Birthday Cake. Pakarians bisa menambahkan beragam motif dan berbagai ornamen  di atasnya sesuai dengan permintaan pelanggan. Pajang juga beberapa contoh Wedding Cake dan Birthday Cake di etalase untuk menarik minat pelanggan. Atau Anda juga bisa memajangnya dalam bentuk dummy atau contoh kue yang terbuat dari styrofoam sebagai contoh. Kue dummy ini akan lebih tahan lama di dalam etalase dibandingkan kue aslinya.

wedding cake with buttercream

Copyright @Pakaroti

Intinya, dengan membiarkan pelanggan melihat langsung contoh Cake yang Pakarians jual, akan lebih memudahkan bagi mereka untuk mengambil keputusan untuk membelinya atau memesan sesuai selera, jika Cake yang dipajang tidak sesuai dengan keinginan. 

Agar lebih variatif, perbanyak wawasan Pakarians mengenai kreasi cake dengan mencari referensi dari majalah dan website, atau mengikuti kegiatan baking demo mengenai cake yang di lapisi steam buttercream. Dengan bertambahnya informasi, otomatis improvisasi untuk usaha Anda pun menjadi semakin inovatif !

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.