Latest Trend


 

 

Belakangan muncul tren baru, Hidden Centre Cake yaitu cake yang jika dipotong di dalamnya akan menampilkan motif tertentu. Tambahkan kue unik ini di toko Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Umumnya, Hidden Centre Cake memiliki tampilan yang minim dekorasi di bagian luarnya. Tapi setelah dipotong, Cake tersebut menampilkan motif-motif unik. Hidden Center Cake memang sengaja dibuat minim hiasan di luar, karena kue ini memang dimaksudkan untuk memberi kejutan. Maka, kebanyakan cake ini dibeli untuk acara ulang tahun, Hari Valentine, perkawinan dan seremonial lainnya. Nama dan usia yang berulang tahun hingga ungkapan sayang bisa ditampilkan di dalam potongan kue tersebut.

Hanya saja, kue ini penuh tantangan karena tidak mudah dibuat. Sebagai contoh, kue rumah igloo yang dibuat Marks & Spencer Cake. Dari luar kue ini tampak sangat sederhana karena hanya dilapisi buttercream berwarna putih polos tanpa hiasan. Namun, Head of Cake Development Marks & Spencer, Helen Brennan mengatakan, pembuatan kue yang diberi nama “Penguin Party Madeira Cake” ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

 

 

Jika dipotong, kue ini akan menampilkan wajah penguin di bagian dalamnya. Menurut Helen, tidak mudah menciptakan wajah penguin berbentuk sama ketika kue dipotong dari sisi manapun, pembuatan kue seberat 1,5 kilogram ini melewati berbagai tahapan rumit. Bahan-bahan yang digunakan juga berbeda, sehingga memerlukan beberapa kali uji coba untuk menggabungkan bahan-bahan tersebut.

Helen mengakui rahasia membuat “Penguin Party Madeira Cake” dibutuhkan latihan yang berulang kali untuk mendapatkan wajah penguin yang sempurna. Selain itu, dibutuhkan 52 orang untuk pembuatan kue ini. Setiap orang memiliki 27 komponen yang rumit agar kue tercetak sempurna. Komponen tersebut termasuk butter Madeira untuk sponge serta butter cream untuk bola salju dan mata penguin. Jika Pakarians ingin mencoba membuat jenis Cake yang sama namun sulit menemukan butter Madeira, Anda bisa menggunakan Filma Butter Oil Substitute (BOS) atau Filma Prestige Margarine (margarin dengan campuran butter) sebagai bahan pengganti.

Selain Marks & Spencer, beberapa produsen kue lain telah mulai membuat Hidden Centre Cake walau lebih sederhana. Salah satunya Madam Meko yang membuat kue dengan isian nama seseorang yakni “Max”. Selain itu, The Partiologist yang berkreasi dengan isian berbentuk wortel, juga Hungry Happenings yang membuat kue cokelat berisi tulisan “Marry Me” untuk kejutan spesial. Kreasi kue kejutan yang lain ada yang berisi angka, pelangi, gambar hati dan geometris.

Jika Pakarian tertarik mencoba membuat Hidden Centre Cake, Pakarians dapat mengikuti langkah-langkah yang ditulis oleh Amanda Rettke, seorang pembuat kue dari Minnesota. Dalam bukunya, Amanda memberi instruksi bertahap cara membuat kue yang indah dengan penerapan pewarnaan dan teknik pemotongan yang pintar.

Buku tersebut berisi detail foto kue-kue yang cantik dan menunjukkan isi kue tersebut. Misalnya, pada satu kue yang dihiasi cream berbentuk buah cherry pada bagian luar, namun jika kue dipotong, Pakarians juga mendapatkan hiasan buah cherry di dalamnya. Kemudian ada pula kue yang dihiasi dengan telinga kelinci pada bagian atas kue, sementara setelah dipotong, di dalam kue terdapat mata dan hidung kelinci. Penulis mengatakan, ia menciptakan bentuk interior menggunakan salah satu dari dua teknik utama, yakni dekonstruksi dan metode dua kali dipanggang.

Dekonstruksi digunakan untuk desain yang dapat diinterpretasikan secara tiga dimensi di tengah kue, seperti jantung atau kupu-kupu, atau desain dua dimensi jika Pakarians ingin mereka berada di setiap slice atau potongan. Pada dasarnya cara tersebut melibatkan ukiran bentuk kue dan mengisinya dengan campuran kue berwarna. Misalnya untuk membuat kue dengan hiasan bentuk hati di dalamnya, ia menggunakan dua lapisan cake yang saling digabungkan.

Metode dua kali panggang terdiri dari memanggang kue yang ingin Pakarians gunakan secara terpisah, memotong menjadi bentuk dengan cetakan kue, kemudian memasukkan ke adonan kue dan dipanggang lagi.

Bagaimana Pakarians, sudah siap mengejutkan pelanggan Anda dengan Hidden Centre Cake?

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.