Latest Trend


Blue Matcha! Tren Baru Varian Matcha yang Mencuri Perhatian
image source: onegreenplanet.org

Sekitar 2 tahun lalu, matcha muncul dan menjadi fenomena tersendiri di dunia kuliner, tidak terkecuali pada bakery. Matcha yang juga merupakan teh hijau berbentuk bubuk menjadi varian rasa yang popular dalam dunia bakery. Hampir seluruh jenis bakery dimodifikasi dengan varian rasa matcha.

Identik dengan warna hijau, matcha menciptakan visual yang menarik bagi kreasi bakery. Para chef bakery pun berlomba-lomba menciptakan kreasi cake menggunakan matcha karena warnanya yang menarik.

Namun jangan salah, ternyata matcha tidak hanya berwarna hijau. Kini muncul tren baru dalam dunia bakery yaitu blue matcha. Apa yang membedakan blue matcha dengan green tea matcha? Green tea matcha sendiri memiliki manfaat baik untuk tubuh seperti meningkatkan metabolism, mencegah penuaan, menyeimbangkan tekanan darah dan meregulasi gula darah. Kafein yang terdapat dalam green tea matcha sendiri membawa efek relaksasi pada tubuh akibat kandungan I-theanin.

Teh hijau diproses dengan cara petik langsung, dikeringkan, hingga ditumbuk sampai menjadi bubuk halus. Berbeda dengan teh pada umumnya yang dikemas, teh hijau selalu disajikan dalam bentuk bubuk sehingga mudah digunakan pada berbagai macam aplikasi makanan atau minuman.

Meskipun memiliki penyebutan nama yang mirip, sesungguhnya blue matcha sangat berbeda dengan green tea matcha. Blue matcha tidak terbuat dari daun teh, melainkan terbuat dari butterfly pea plant atau dari bunga telang yang sudah dikeringkan.

Di beberapa negara Asia Tenggara, bunga telang sudah banyak digunakan sebagai pewarna makanan alami. Bunga telang mampu memberikan warna biru hingga ungu dengan cantik sehingga banyak digunakan sebagai varian kreasi makanan.

Namun berbeda dengan green tea matcha, blue matcha tidak memiliki dampak signifikan bagi kesehatan tubuh. Blue matcha tidak memiliki khasiat antioksidan atau kafein seperti green matcha. Sejauh ini belum ada riset mendalam bahwa blue matcha memiliki khasiat seperti green tea.

Meskipun tidak memiliki dampak kesehatan yang signifikan bagi tubuh, blue matcha sama sekali tidak berbahaya bagi tubuh. Anda tetap dapat menggunakan blue matcha sebagai bahan variasi untuk cake atau dessert. Dengan sentuhan warna yang unik, tentu kreasi bakery blue matcha dapat menjadi daya tarik sendiri bagi pelanggan. Tidak hanya unik, tentu sangat mencuri perhatian jika dibagikan di sosial media.

Tertarik mencoba?

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.