Latest Trend


5 Tips Penting Bagi Anda yang Ingin Membuat

Ide untuk menciptakan sebuah Vegan Bakery mungkin terlihat membingungkan, bagaimana mungkin bisa menciptakan sebuah kue yang sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan hewani? Namun kenyataannya para bakers pun tetap berhasil menciptakan varian vegan bakery dan rasanya pun juga lezat.

Vegan bakery merupakan salah satu hasil inovasi dari para bakery yang merespon permintaan pasar akan hadirnya sebuah kue atau cake untuk mereka yang tidak mengonsumsi produk olahan daging. Tantangan ini awalnya sempat dirasa sulit dan tidak mungkin, namun dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, mulai banyak resep-resep kue yang mengandung bahan-bahan vegan.

Definisi vegan bakery bisa dikatakan sebagai kue-kue yang tidak menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari bahan olahan hewan. Artinya, kue tersebut tidak menggunakan telur, susu, dan bahan hewani lainnya. Sesungguhnya tidak perlu trik rumit dan khusus untuk menyiapkan vegan cake, karena Anda tetap bisa membuat kue yang lezat dengan bahan-bahan vegan.

Kenali Bahan Pengganti Telur
Seringkali banyak bakers merasa pesimis diawal ketika ingin membuat vegan bakery karena sudah bingung duluan untuk mencari pengganti telur. Dalam proses baking, telur memiliki fungsi sebagai pengikat. Dengan telur lah, seluruh bahan-bahan kue, cake, hingga roti dapat menyatu. Telur juga membantu menjaga tekstur dan kelembapan kue.

Sesungguhnya masih banyak bahan makanan vegan lain yang bisa digunakan untuk menggantikan sifat telur dalam cake dan memiliki kemampuan sama baik. Dalam membuat vegan bakery, penggantian telur tergantung jenis cake yang dibuat, namun pada umumnya bahan yang bisa digunakan seperti saus apel, yogurt kedelai, dan bahkan tepung maizena (cornstarch) sering sekali digunakan untuk menjadi pilihan pertama pengganti telur.

Mengganti Susu dengan Non-Dairy Milk
Rasanya saat ini sudah tidak terlalu sulit untuk menggantikan susu karena sudah tersedia begitu banyak jenis non-dairy milk. Susu kedelai tanpa pemanis merupakan salah satu pilihan yang sering digunakan oleh para bakers.

Selain susu kedelai, beberapa opsi pengganti lainnya bisa menggunakan susu beras, susu almond, atau ada juga yang menggunakan santan. Penggunaan bahan ini sekali lagi tergantung jenis kue yang akan dibuat. Seperti jika ingin membuat chocolate cake, direkomendasikan untuk menggunakan susu kedelai atau susu hazelnut.

Menambahkan Rasa Manis Alami
Tenang, vegan cake juga tetap bisa memiliki rasa manis tanpa khawatir dengan kandungan gula dan kalori yang berlebih. Untuk menggantikan madu, Anda bisa menggunakan sirup maple, sirup agave, atau sirup pemanis alami lainnya.

Untuk membuat cookies, sirup kurma bisa menjadi pilihan karena aromanya yang unik dan rasanya yang jusa manis tentunya. Sirup beras juga bisa digunakan karena dinilai paling mirip dengan madu.  

Bagaimana Dengan Tepung?
Tepung bisa dipakai untuk semua jenis kue vegan. Ya, tepung sendiri dibuat dari biji gandum yang dihaluskan. Kebanyakan dan hampir semua tepung terbuat dari bahan-bahan nabati. Berbagai macam variasinya pun juga terbuat dari bahan nabati seperti tepung maizena dari jagung, tepung kanji dari umbi singkong, tepung hunkue dari pati kacang hijau dan masih banyak lainnya lagi.

Sesungguhnya membuat vegan bakery tidak serumit yang dibayangkan, yang diperlukan hanyalah mengetahui bahan-bahan pengganti dan mengolahnya dengan benar. Penikmat vegan bakery kini sudah tidak sedikit, dengan menambah pengetahuan tentu Anda bisa memenuhi kebutuhan permintaan akan vegan bakery juga. Selamat mencoba!

artikel terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.