• Your location :
  • Home
  • /
  • A Baker
  • /
  • Material Encyclopedia

Material Encyclopedia

Nanas

Walaupun Asia Tenggara merupakan penghasil nanas terbesar di dunia namun buah yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus ini sebenarnya berasal dari daerah tropis di Amerika Selatan, yaitu Brazil, Bolivia dan Paraguay. Nanas memiliki rasa khas manis-asam segar yang dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis masakan maupun produk bakery, tradisional maupun internasional.

Nanas kaya akan vitamin dan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh, antara lain Vitamin A dan C sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Nutrisi lainnya adalah kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain yang memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh, seperti bromelain yang berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung  dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Nanas juga bermanfaat untuk memperkuat sistem imun berkat kandungan asam amino esensial dan non esensialnya yang dapat meningkatkan stamina dan energi. Bukan hanya bagi  tubuh, nanas juga berguna bagi kesehatan luar tubuh seperti untuk kulit dan rambut. Kandungan cystine pada nanas berguna untuk membentuk sel kulit baru dan rambut serta membantu memperlambat proses penuaan dini.

DI Indonesia nanas populer digunakan dalam bentuk selai baik sebagai topping maupun isian roti. Namun sebenarnya nanas juga dapat dikreasikan dalam bentuk lain seperti puding nanas, pie nanas, muffin, dan sebagainya